Karyawan Space X Dipecat Gara-gara Kritik Lewat Pesan Kaleng

elon musk

Perusahaan roket swasta Amerika, SpaceX dikabarkan telah memecat setidaknya lima karyawan. Mereka adalah karyawan yang bertanggung jawab terkait surat kritikan terhadap sang pendiri dan CEO SpaceX, Elon Musk.

Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell mengirim email yang mengungkapkan bahwa perusahaan telah menghentikan sejumlah karyawan yang terlibat dalam “surat kaleng” setelah proses investigasi dilakukan, dikutip dari CNBC, Senin (20/6/2022). Meski begitu, ia tidak menyebutkan secara pasti jumlah karyawan yang diberhentikan.

Sementara itu, Reuters melaporkan, pemecatan juga dilakukan karena para karyawan tersebut mendesak para eksekutif SpaceX untuk membuat budaya perusahaan lebih inklusif.


1. Kronologi surat kritikan terhadap Elon Musk

Surat terbuka yang karyawan SpaceX itu, pertama kali dilaporkan oleh situs web The Verge itu. Surat itu berisi kritik terhadap perilaku Musk di depan umum, serta tuduhan pelecehan seksual baru-baru ini terhadapnya.

Musk disebut telah melecehkan pramugari SpaceX selama penerbangan pribadi. Dia dikabarkan membayar sebesar 250 ribu dolar AS atau setara dengan Rp3,7 miliar sebagai uang tutup mulut.

Perilaku Elon Musk juga dianggap secara teratur menggunakan Twitter untuk memprovokasi dan terkadang menyinggung, dengan komentar yang tidak disaring atau kasar.

“Perilaku Elon di ruang publik sering menjadi sumber gangguan dan rasa malu bagi kami, terutama dalam beberapa minggu terakhir,” tulis surat itu.

2. Sejumlah karyawan merasa tidak nyaman karena diminta menandatangani surat kritikan

Shotwell mengatakan ada “sekelompok kecil” karyawan yang meminta tanda tangan rekan-rekan mereka, untuk menunjukkan dukungan atas surat itu. Petisi itu sebagai partisipasi dalam survei tentang hal yang membuat mereka merasa tidak nyaman.

“Surat, ajakan, dan proses umum membuat karyawan merasa tidak nyaman, terintimidasi dan diintimidasi, dan/atau marah karena surat itu menekan mereka untuk menandatangani sesuatu yang tidak mencerminkan pandangan mereka. Kami memiliki terlalu banyak pekerjaan penting yang harus diselesaikan dan tidak perlu aktivisme yang berlebihan seperti ini,” tulis Shotwell.

3. Isi tuntuan yang terdapat dalam surat kritikan

Dalam surat tersebut, setidaknya ada tiga tuntutan yang disampaikan.

  1. SpaceX harus dengan cepat dan eksplisit memisahkan diri dari brand pribadi Elon .
  2. Memegang tanggung jawab semua pimpinan secara setara untuk menjadikan SpaceX tempat yang bagus untuk bekerja bagi semua orang .
  3. Mendefinisikan dan menanggapi secara seragam semua bentuk perilaku yang tidak dapat diterima.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.