4 Industri yang Tahan Banting Saat Resesi

Peringatan terhadap resesi terus diserukan oleh sejumlah lembaga internal dan eksternal hingga menyebabkan kekisruhan di pasar saham.

Bahkan, sejumlah perusahaan kini mulai bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk dengan pemutusan hubungan kerja (PHK), pembekuan perekrutan hingga membatalkan tawaran pekerjaan.

Menurut Profesor Ekonomi Johns Hopkins University Laurence Ball bahwa prospek pekerjaan akan lebih buruk lagi di beberapa bulan mendatang.


Ketika mimpi buruk perekonomian global The Great Recession yang berlangsung pada 2007-2009, sektor konstruksi dan manufaktur mengalami penurunan yang cukup besar dalam perekrutan karyawan, jika mengacu pada data Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS).

Karen Dynan, Profesor Ekonomi Harvard University mengatakan bahwa fenomena tersebut terjadi karena ketika ekonomi mengalami penurunan, konsumen biasanya akan membatasi pengeluaran mereka dan menunda untuk membeli barang mahal seperti mobil dan rumah baru. Dia melihat pola yang serupa pada industri ini ketika resesi terjadi.

Lalu, industri apa saja yang tahan banting menghadapi resesi?

Ball dan Dynan menilai bahwa industri bisnis yang mempunyai ketahanan pada saat resesi, yaitu:

  • Kesehatan
  • Pemerintahan
  • Teknologi dan komputer
  • Edukasi

Kesamaan dari industri tersebut yaitu mereka tidak sensitif terhadap kenaikan suku bunga acuan dan industri tersebut dibutuhkan oleh banyak orang ketika ekonomi sedang resesi atau booming.

Ball juga memproyeksikan bahwa akan ada banyak pekerjaan baru pada sektor edukasi karena ketika resesi terjadi di AS, masyarakat akan mencari cara untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk prospek pekerjaan yang lebih baik.

Dynan juga menyatakan manfaat dari peningkatan kemampuan agar pekerja menjadi lebih menarik dan kompetitif. Salah satunya dengan melihat kemampuan yang sering dicari oleh perusahaan dan mulai mempelajarinya.

Dengan mempelajari keterampilan yang banyak dicari oleh perusahaan merupakan jaminan terbaik yang Anda dapat lakukan saat ini.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.