Term of Buyer

Transaksi

1. Demi keamanan dan kenyamanan para Pengguna, setiap transaksi jual-beli di Malline diwajibkan untuk menggunakan Malline Payment System. Untuk informasi mengenai penggunaan Malline Payment System dapat dipelajari di Panduan Malline.

2. Pembeli wajib transfer sesuai dengan nominal total belanja dari transaksi dalam waktu 1×10 jam (dengan asumsi Pembeli telah mempelajari informasi barang yang telah dipesannya). Jika dalam waktu 1×10 jam barang dipesan tetapi Pembeli tidak mentransfer dana maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis”

3. Setiap transaksi di Malline yang menggunakan metode transfer akan dikenakan biaya operasional dalam bentuk kode unik pembayaran yang ditanggung oleh Pembeli.

4. Pembeli tidak dapat membatalkan transaksi setelah melunasi pembayaran.

5. Pnjual wajib mengirimkan barang dan mendaftarkan nomor resi pengiriman yang benar dan asli setelah status transaksi “Dibayar”. Satu nomor resi hanya berlaku untuk satu nomor transaksi di Malline.

6. Jika Penjual tidak mengirimkan barang dalam batas waktu pengiriman sejak pembayaran (2×24 jam kerja untuk biaya pengiriman reguler atau 2×24 jam untuk biaya pengiriman kilat), maka Penjual dianggap telah menolak pesanan. Sehingga, sistem secara otomatis memberikan feedback negatif dan reputasi tolak pesanan, serta mengembalikan seluruh dana (refund) ke Pembeli.

7. Pembeli tidak diperkenankan membatalkan transaksi jika pelapak sudah memenuhi kewajiban mengirimkan barang dalam batas waktu yang ditentukan (poin 6 diatas) dan barang/kiriman yang diantar oleh pihak ekspedisi dalam kondisi sesuai/tidak rusak. Adapun barang tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak pembeli dan transaksi dianggap selesai serta dana dapat diteruskan kepada penjual.

8. Untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, dana transaksi akan dikembalikan langsung ke kartu kredit. Pengembalian dana dilakukan dengan memberikan pengurangan biaya pada kartu kredit Pembeli dalam waktu maksimal 14 hari kerja setelah pembayaran.

9. Fitur Item Replacement Malline akan otomatis mencarikan barang yang sama jika transaksi ditolak oleh Penjual. Jika barang yang sama tidak ditemukan, maka dana akan dikembalikan ke pembeli.

10. Malline akan mengirimkan email konfirmasi pencarian barang pengganti melalui fitur Item Replacement jika transaksi diabaikan oleh Penjual. Apabila Pembeli tidak melakukan konfirmasi dalam waktu 1×6 jam, maka fitur Item Replacement Malline akan otomatis mencarikan barang pengganti.

11. Jika Pembeli melakukan konfirmasi bahwa tidak berkenan untuk dicarikan barang pengganti melalui email yang dikirim Malline, maka fitur Item Replacement Malline akan otomatis mengembalikan dana ke rekening pembeli.

12. Untuk Pembeli yang memiliki akun di Malline, apabila terdapat selisih harga barang pengganti; jika harga barang pengganti lebih mahal maka dana selisih akan ditanggung oleh Malline. Barang pengganti tersebut tentunya adalah barang yang sesuai dengan transaksi awal dengan spesifikasi yang sama dan harga yang tidak terlalu berbeda. Jika harga barang pengganti lebih murah, maka kelebihan pembayaran akan dikembalikan ke Pembeli setelah transaksi dinyatakan selesai oleh sistem Malline.

13. Untuk Pembeli yang tidak memiliki akun di Malline, apabila terdapat selisih harga barang pengganti, maka dana selisih akan ditanggung oleh Malline jika harga barang pengganti lebih mahal dan jika harga barang pengganti lebih murah maka selisih harga akan hangus.

14. Transaksi yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit tidak akan diproses oleh fitur Item Replacement apabila transaksi ditolak atau diabaikan oleh Penjual.

15. Sistem Malline secara otomatis mengecek status pengiriman barang melalui nomor resi yang diberikan Pelapak. Seluruh dana akan dikembalikan ke Pembeli apabila nomor resi terdeteksi tidak valid dan Penjual tidak melakukan ubah resi valid dalam 1×24 jam. Jika Penjual memasukkan nomor resi tidak valid lebih dari satu kali maka Malline akan mengembalikan seluruh dana transaksi kepada Pembeli dan Penjual mendapatkan feedback negatif.

16. Jika Pembeli tidak memberikan konfirmasi penerimaan barang dalam waktu 2×24 jam sejak status resi pengiriman dinyatakan telah diterima/delivered oleh sistem tracking jasa pengiriman, Malline akan mentransfer dana langsung ke Penjual tanpa memberikan konfirmasi ke Pembeli.

17. Sistem secara otomatis memberikan feedback (rekomendasi) positif dan mentransfer dana pembayaran ke Penjual jika status resi menunjukkan ‘Barang diterima’ dan Pembeli telah melewati batas waktu untuk konfirmasi.

18. Pembeli dapat memperbarui feedback maksimal 3×24 jam setelah transaksi dinyatakan selesai oleh sistem Malline.

19. Retur (pengembalian barang) hanya diperbolehkan jika kesalahan dilakukan oleh Penjual dan barang tidak sesuai deskripsi.

20. Retur tidak dapat dilakukan setelah transaksi selesai menurut sistem general tracking Malline atau Pembeli telah melakukan konfirmasi barang diterima dan tidak memilih retur.

21. Langkah-langkah melakukan retur bisa dibaca pada halaman ini.

22. Malline akan menahan dana hingga ada kesepakatan (antara Pembeli dan Penjual) apakah akan dilakukan pengembalian barang ke Penjual atau tidak.

23. Malline akan mengembalikan dana transaksi ke Pembeli jika dalam waktu 5×24 jam Penjual tidak merespon pesan permintaan retur dari Pembeli di halaman detail transaksi. Selanjutnya, Pembeli wajib mengirimkan barang tersebut ke kantor Malline.

24. Malline tidak bertanggung jawab terhadap barang retur di kantor Malline apabila Penjual tidak melakukan pengaduan kepemilikan barang dalam waktu 30 hari sejak barang diterima di kantor Malline.

25. Pembeli wajib mengirimkan barang ke Penjual dan menginformasikan nomor resi ke Malline jika ada kesepakatan retur dengan Penjual.

26. Malline hanya memantau retur sampai barang diterima kembali oleh Penjual.

27. Malline berhak melakukan refund dana ke Pembeli jika barang retur telah sampai di kantor Malline dan berdasarkan pengecekan sesuai dengan yang dikeluhkan Pembeli.

28. Malline atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan atau pembekuan untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika Maline menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Malline dan jika akun Pengguna diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.

29. Malline berhak melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tindakan tersebut seperti pembatalan transaksi, pembatalan Coupon, pemblokiran akun Pengguna, atau tindakan lainnya apabila ditemukan kecurangan dari Pengguna.

Pengunaan Voucher

1. Coupon hanya berlaku untuk transaksi dengan pengiriman yang menggunakan jasa ekspedisi yang tersedia di Malline.

2. Malline berhak melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tindakan tersebut seperti pembatalan transaksi, pembatalan Coupon, pemblokiran akun Pengguna, atau tindakan lainnya apabila ditemukan kecurangan dari Pengguna.

3. Maline berhak melakukan pembatalan transaksi atau membatalkan penggunaan coupon sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.