Penyebab Mual Saat Sarapan

mual

Banyak orang yang mengaku tidak bisa mengonsumsi sarapan pagi gara-gara tubuhnya yang merasakan gejala mual-mual. Yang menjadi masalah adalah, sudah menjadi rahasia umum jika tidak sarapan bisa membuat kita tidak mendapatkan sumber energi dan memicu berbagai masalah kesehatan lainnya. Sebenarnya, apa sih penyebab dari munculnya sensasi mual saat pagi hari ini?

Penyebab utama dari munculnya sensasi mual-mual di pagi hari saat sarapan pagi adalah kecenderungan kita untuk langsung mengonsumsi sarapan dengan porsi besar. Memang, tujuannya baik, yakni bisa memberikan sumber energi, apalagi jika kita juga melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, namun terkadang perut masih belum siap untuk mencerna makanan dengan porsi banyak di pagi hari. Dalam banyak kasus, makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan gangguan asam lambung. Karena alasan inilah ada baiknya kita mengonsumsi sarapan dengan porsi yang sedang saja asalkan sudah memiliki kadar gizi yang seimbang.

Mual-mual saat sarapan juga terkait dengan masalah psikologis. Sebagai contoh, jika kita sedang stres karena cemas akan sesuatu hal, maka hal ini akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Tak hanya itu, stres berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan asam lambung.


Mual di pagi hari juga bisa saja disebabkan oleh alergi makanan. Tak hanya mual-mual, gejala lain dari alergi makanan adalah kulit yang memerah atau gatal-gatal. Cobalah cek kembali apa yang kita konsumsi jika kita mulai mengalami gejala ini. Jika kita baru saja mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, makanan berprotein, atau makanan laut, bisa jadi memang sensasi mual ini disebabkan oleh alergi.

Untuk mengatasi sensasi mual saat sarapan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi teh tawar atau air jahe hangat. Jika memang kondisi ini sering terjadi dan membuat kita sulit untuk mengonsumsi sarapan pagi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke Eprodin.com.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.