Beras Kencur: Minuman Tradisional dengan Manfaat Luar Biasa

Beras kencur

Beras kencur, minuman tradisional Indonesia yang telah dikenal sejak masa purba, terus menunjukkan relevansinya hingga hari ini. Catatan tertulis pertama kali tentang beras kencur muncul pada abad ke-17, menunjukkan bahwa minuman ini telah menjadi bagian dari budaya dan sejarah Indonesia selama berabad-abad.

Minuman ini terbuat dari beras dan kencur, dan sering digolongkan sebagai jamu karena memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satu manfaat utamanya adalah sebagai peningkat nafsu makan. Kandungan kencur di dalam jamu beras kencur bisa bermanfaat dalam meningkatkan nafsu makan, menjadikannya pilihan yang baik untuk anak-anak yang mengalami masalah pada nafsu makannya.

Selain itu, beras kencur juga dapat digunakan sebagai penebal dinding lambung. Hal ini sangat berguna bagi penderita maag yang mengalami pengkikisan dinding lambung. Minuman ini juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek dan pegal-pegal di tubuh.


Penelitian juga menunjukkan bahwa beras kencur dapat menurunkan kadar gula darah, serta meringankan batuk berdahak berkat fungsi antimukolitik dan antiradangnya. Meskipun demikian, penting untuk selalu berkonsultasi dengan profesional medis sebelum memulai atau mengubah regimen perawatan kesehatan Anda.