iPhone 16, Rilis 2024 dan Punya Kamera Face ID di Bawah Layar

iPhone 16

Belum juga iPhone 15 rilis resmi ke pasaran, rumor soal teknologi baru pada iPhone 16 lebih dulu beredar. Apa sebetulnya teknologi baru tersebut?

iPhone 16 Pro yang disebut akan meluncur pada 2024 bakal kamera Face ID di bawah layar. Teknologi ini belum disematkan pada iPhone 15 Pro yang juga masih berstatus gosip akan meluncur tahun ini.

Kehadiran kamera Face ID di bawah layar dikabarkan akan hadir untuk model iPhone 16 Pro. Teknologi ini disebut akan memberikan area display yang lebih luas untuk perangkat tersebut.


Apple akan memindahkan komponen yang diperlukan untuk autentikasi Face ID ke bawah layar iPhone pada 2024.

Saat tidak digunakan, kamera TrueDepth untuk Face ID tidak akan terlihat di layar.

Lebih lanjut, iPhone 16 Pro disebut akan tetap memiliki lubang kamera meski kamera Face ID berada di bawah layar.

CEO of Display Supply Chain Consultants (DSCC) Ross Young mengatakan iPhone akan benar-benar kehilangan lubang di bagian depan pada model iPhone 18 Pro ketika kamera Face ID dan kamera selfie berada di bawah layar.

“Berdasarkan tantangan teknis yang tersisa untuk kamera di bawah panel untuk memenuhi persyaratan kualitas merek serta persyaratan biaya produsen panel, saya masih yakin peta jalan ini masuk akal untuk iPhone,” tulisnya di akun Twitternya @DSCCRoss pada 10 May 2022.

Selain teknologi kamera Face ID di bawah kamera, Apple juga dikabarkan akan memberikan fitur Dynamic Island ke seluruh model iPhone 15. Saat ini fitur tersebut hanya tersedia untuk model Pro di iPhone 14 yang diluncurkan pada 2022.

Pabrikan ponsel asal Korea Selatan Samsung juga tengah bereksperimen dengan kamera di bawah layar, dan bahkan pembuat smartphone ternama ini belum dapat melakukannya dengan benar.

Samsung pertama kali menambahkan fitur ini ke Galaxy Z Fold 3, tetapi kamera masih terlihat bahkan saat layar dihidupkan dan hasil potret gambarnya berkualitas kurang baik.

Generasi terbarunya Galaxy Z Fold 4 menampilkan beberapa peningkatan tambahan ketika menggunakan kamera tersebut, tetapi masih tetap belum maksimal.

Kamera Face ID sendiri memiliki perbedaan dengan kamera selfie pada umumnya. Kamera Face ID menggunakan kamera inframerah TrueDepth untuk memetakan dan menganalisa wajah, sehingga pengembangan untuk membuat kamera ini berada di bawah layar menjadi lebih sulit.

Write a comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.