5 Sisi Positif dan Negatif Jika Anak Dibebaskan Memakai Gadget Sejak Kecil

Di zaman yang terus berkembang dan canggih ini, bisa dibilang bahwa mengenalkan anak dengan gadget perlu dilakukan oleh orangtua. Tentu saja ini demi kebaikannya di masa depan supaya tidak asing dengan teknologi.

Akan tetapi yang namanya gadget tentu ada sisi baik dan buruknya yang berdampak pada anak, apalagi jika sudah membebaskan anak memakai gadget sejak kecil. Di satu sisi, ini bagus supaya anak tidak tertinggal perkembangan era digital melalui gadget.

Di sisi lain, dapat berdampak buruk seperti menurunkan kemampuan interaksi sosial dan juga berpengaruh pada mentalnya. Untuk lebih jelasnya, bisa disimak dalam pembahasan kali ini.


1. Minimnya kemampuan dalam bersosialiasasi

Sisi buruknya yang pertama kalau membebaskan anak bermain gadget sejak kecil ialah kemampuannya dalam bersosial jadi menurun. Kenapa seperti itu? Karena dengan sering menggunakan gadget tentu anak akan betah di rumah dan membuatnya jarang bergaul.

Kalau sudah terbiasa seperti itu, maka bisa membentuk pribadinya menjadi tertutup dari orang sekitar. Lebih suka sendiri dan dampak terparahnya adalah membuat anak jadi anti sosial. Hal ini sangat tidak baik untuk perkembangan anak ke depannya di mana ia harus bisa menyesuaikan diri dengan orang sekitar dan menjalin kerjasama.

2. Terlalu banyak tahu tentang dunia melalui internet

Mengenalkan anak pada gadget memang bagus, tapi di sisi lain kalau terlalu sering dan kecanduan sejak ia kecil malahan bisa berdampak buruk, lho. Yang mana dirinya jadi terlalu banyak tahu tentang dunia melalui internet, dan kita tahu sendiri kalau yang beredar di internet gak semuanya baik untuk anak.

Di sini peran orangtua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak. Supaya dia tidak terlalu mengekspos dunia hingga mengetahui hal-hal negatif atau juga timbul rasa penasaran untuk mencoba melakukan hal buruk yang ia lihat dari internet.

3. Berpengaruh pada perkembangan mentalnya

Sisi buruknya yang terakhir kalau membebaskan anak menggunakan gadget sejak kecil ialah hal itu bisa berpengaruh pada perkembangan mentalnya. Yang mana anak yang kecanduan gadget biasanya bermental lemah.

Mudah tersinggung, gampang menyerah dan tidak berjuang mati-matian ketika ingin mendapatkan sesuatu. Belum lagi jika sampai masuk ke dunia negatif dari internet, yang mana hal itu bisa membuatnya stres atau bahkan depresi tanpa orangtua ketahui.

4. Mengasah kreativitas dengan melihat banyak hal unik di internet

Kalau bicara soal gadget tentunya gak selalu tentang dampak buruknya pada anak, ada juga dampak baiknya yaitu mengasah kreatifitas anak dari melihat banyak hal unik di internet. Karena seperti yang kita tahu, ada banyak banget hal positif di internet dan bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak yang melihatnya.

Mulai dari bagaimana cara menggambar dan melukis, membuat mainan sendiri, belajar sains, hingga pengetahuan lainnya yang mengasah kreatifitas dan wawasan anak. Dengan kata lain kecanduan gadget juga bisa berdampak baik selama yang dilihat adalah hal-hal positif. Bahkan tidak sedikit anak yang menemukan bakatnya dari belajar melalui internet, lho.

5. Membantu masa depannya karena paham perkembangan teknologi

Selain itu, membebaskan anak menggunakan gadget nyatanya berdampak positif dan sangat baik bagi perkembangan anak. Pengetahuan anak jadi lebih luas karena dipermudah dalam memahami teknologi.

Dia jadi tidak asing dengan perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju. Saat bersekolah pun sebenarnya akan terbantu karena ada masanya anak harus menggunakan gadget untuk mengerjakan tugas atau bahkan ujian yang dilaksanakan secara online.

Itulah lima sisi baik dan buruknya kalau membebaskan anak menggunakan gadget sejak ia kecil. Sebagai orangtua, memang sebaiknya bisa mengatur penggunaan gadget pada anak secara bijak.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.