Wajib Googling Dulu Sebelum Beli Smartphone

Google baru saja mengeluarkan laporan Year in Search for Brands 2018untuk Indonesia.

Ada sejumlah temuan menarik yang diterbitkan dalam laporan ini, mulai dari gaya hidup, kuliner, otomotif, parenthood, e-Commerce, hingga teknologi.

Khusus hal teknologi, Google mengungkap kebiasaan pengguna smartphone di Indonesia saat membeli perangkat baru.

Dalam laporannya, disebutkan kalau pengguna di Indonesia ternyata sering menggunakan Google Search untuk mencari informasi seputar smartphone yang hendak dibeli.

“Calon pembeli smartphone biasanya mempertimbangkan beberapa merek sebelum membeli. 8 dari 10 calon pembeli itu, tidak yakin seri apa yang harus dibeli,” ujar Google.

Baru Bisa Memutuskan Setelah Googling

Karenanya, setelah mencari informasi dan spesifikasi lewat Google Search, pengguna baru bisa memutuskan merek smartphone apa yang hendak dibeli.

“80 persen dari mereka menggunakan Google Search untuk mencari informasi yang hendak dibeli. Sementara 85 persen pengguna smartphone premium juga memanfaatkan Google Search sebelum membeli perangkat,” lanjut Google.

Google Search Membantu Pengguna

Dalam lanjutan laporan tersebut, diungkap pula kalau 71 persen pengguna mengaku Google Search membantu mereka mencari seri smartphone baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Adapun 74 persen pengguna juga mengatakan kalau mesin pencarian ini memberikan mereka detail spesifikasi smartphone yang dicari.

Mencari Informasi via Mobile

Google juga membeberkan fakta kalau pengguna di Indonesia gemar mencari informasi seputar smartphone di perangkat mobile. Puncak pencarian biasanya berlangsung pada jam makan siang dan juga jam pulang kantor.

Adapun fakta menarik lain mengungkap kalau 67 persen pengguna smartphone masih tetap mencari informasi seputar smartphone yang hendak dibeli meski mereka telah melihat bentuk fisiknya di toko.

Merek Smartphone Murah Jadi Populer

Google juga mengklaim merek smartphone dengan harga terjangkau sangat banyak dicari di Google Seearch.

Terdapat dua kali peningkatan pencarian untuk merek smartphone terjangkau (di bawah Rp 2 juta) dan juga mid range (kisaran Rp 2-5 juta).

Lebih lanjut, 6 dari 10 pencarian seputar smartphone terjangkau berasal dari kota-kota kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *