Qualcomm Minta Bantuan Samsung Bikin Snapdragon 845? Leave a comment

Snapdragon 835 baru saja unjuk gigi lewat beberapa lini ponsel flagship keluaran 2017, seperti Samsung Galaxy S8 dan Xiaomi Mi 6. Kini, kabar tentang penerusnya yakni Snapdragon 845 sudah mencuat ke permukaan.

Qualcomm dikatakan tak bakal sendirian mengembangkan chipset tersebut, melainkan dengan bantuan Samsung.

Menurut sumber dalam, Snapdragon 845 diproyeksikan untuk tersemat pada Galaxy S9 keluaran 2018 mendatang. Lebih tepatnya, penerus Galaxy S8 itu digadang-gadang jadi smartphone pertama yang bakal ber-“otak” Snapdragon 845.

“Kemampuan prosesor akan menentukan performa keseluruhan pada smartphone, termasuk fitur-fitur seperti panggilan video, perekaman video, VR, dan AR,” kata sumber dalam.

Dalam hal ini, Snapdragon 845 agaknya bakal menjadi chipset yang super tangguh dan kuat sehingga Qualcomm tak bisa jalan sendirian. Selain Samsung, Qualcomm juga disebut-sebut merangkul TSMC yang tak lain adalah perusahaan semikonduktor asal Taiwan.

Belum jelas seperti apa bentuk kontribusi Samsung atau TSMC dalam pengembangan Snapdragon 845. Pihak-pihak yang diduga saling berkaitan itu, yakni Qualcomm, Samsung, dan TSMC, belum memberi tanggapan terkait kabar yang beredar.

Diketahui, tahun ini Qualcomm mempersenjatai beberapa lini flagship dengan Snapdragon 835. Smartphone pertama yang kebagian chipset itu adalah Sony Xperia XZ Premium.

Galaxy S8 sendiri termasuk lini yang terlambat dirilis dalam bursa peluncuran smartphone flagship 2017. Biasanya seri Galaxy S dirilis bulan Februari di ajang MWC di Barcelona, Spanyol. Tahun ini,Samsung memilih peluncuran diundur menjadi bulan Maret di New York, AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *