Tatap Layar Ponsel Terlalu Lama Ubah Struktur Otak

malline

Penggunaan smartphone yang berlebihan menimbulkan banyak dampak negatif. Salah satu dampak negatif penggunaan smartphone ialah dapat mengikis fungsi otak jika terlalu lama menatapnya.

Dilansir dari laman Syracuse, penelitian dari National Institute of Health (NIH) menemukan bahwa terlalu lama menatap layar ponsel dapat mengikis dan mengubah struktur otak pada anak-anak.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya penipisan premature korteks otak yakni lapisan terluar otak yang berfungsi membantu memproses informasi dari luar.


Saat ini banyak remaja yang menghabiskan waktu lebih dari empat jam untuk menatap ponselnya dalam sehari. Hasil awal penelitian membuktikan anak-anak tersebut memiliki skor lebih rendah pada tes berpikir dan bahasa.

Meskipun begitu, Direktur NIH, Gaya Dowling mengatakan agar masyarakat tidak menarik kesimpulan cepat. “Kami tidak tahu apakah disebabkan karena menatap layar. Kita akan terus menginformasikan lebih lanjut terkait penelitian di awal tahun ini,” ujar Dowling.

Hasil studi ini dijadwalkan rilis awal 2019. Lewat penelitian ini diharapkan masyarakat benar-benar mendapatkan pemahaman baik tentang bagaimana penggunaan digital mempengaruhi otak dan kesehatan mereka.