Google Kini Punya Dua Saudara Baru

malline

Induk perusahaan Google, Alphabet, baru saja mengumumkan kelulusan dua proyek besarnya menjadi perusahaan terpisah. Dengan demikian, dua proyek ini resmi menjadi perusahaan mandiri di bawah payung Alphabet.

Dua proyek yang dimaksud adalah adalah Loon dan Wing. Keduanya menyusul Waymo, Chronicle, dan Verily yang sebelumnya juga merupakan bagian dari proyek X Google.

Dengan kata lain, Loon dan Wing kini resmi menjadi saudara baru Google, karena sama-sama berada di bawah Alphabet. Meski sudah berdiri sendiri, dua perusahaan itu tetap menjalankan proyek yang sama seperti sekarang.


Namun, tetap ada perubahan dari sisi manajemen. Alphabet telah menunjuk Alastair Westgarth menjadi CEO Loon dan James Ryan Burgess sebagai CEO Wing.

Loon, seperti diketahui memiliki proyek untuk menyediakan jaringan internet ke daerah rural menggunakan balon, sedangkan Wing membangun proyek drone untuk kebutuhan logistik.

Kendati belum ada proyek baru, rekam jejak dua perusahaan baru ini tentu dirasa menjanjikan, sehingga Alphabet akhirnya memutuskan untuk memecahnya menjadi perusahaan mandiri.

Karenanya, dengan hadir sebagai perusahaan mandiri, induk perusahaan Google itu tentu berharap proyek yang sedang dikembangkan dua perusahaan dapat menjadi bisnis serius, tak lagi sekadar proyek biasa.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.