Aplikasi dan situs web yang bermanfaat buat yang mudik

Malline

Mudik adalah hajatan besar yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang beragama Islam, setiap menjelang Idulfitri. Kepadatan lalu lintas melonjak dan kemacetan terjadi nyaris di setiap jalan.

Untuk membantu para pemudik mendapatkan beragam informasi seputar perjalanan mudik, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sejak tahun lalu bekerja sama dengan Kudo, sebuah perusahaan teknologi lokal, mengembangkan aplikasi “Ayo Mudik”.

Tahun ini mereka kembali meng-update aplikasi berbasis sistem operasi Android tersebut.


Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang tersedia di sepanjang jalur mudik, dan informasi titik-titik kemacetan. Oleh karena itu Kominfo mengajak seluruh lapisan masyarakat yang mudik dan memiliki gawai Android untuk mengunduh aplikasi gratis ini.

Teknologi pemetaan yang diklaim canggih pada aplikasi itu diterapkan untuk mempermudah pengendara melihat titik-titik kemacetan dan mendapatkan informasi penting.

Anda bisa mendapatkan berita, info jalur mudik, dan berbagai fasilitas yang ada di sepanjang jalur perjalanan.

Kompas.com menulis, segala informasi yang ada di aplikasi maupun laman daring tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan beberapa lembaga terkait. Seperti Kementerian Kesehatan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kepolisian RI, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Energo dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Selain melalui aplikasi tersebut, info seputar mudik juga bisa diakses pada laman Infomudik.go.id. Portal ini merupakan situs resmi seluruh informasi tentang mudik yang disediakan oleh Kantor Staf Presiden.

Pada situs tersebut, pengguna bisa mendapatkan informasi langsung dari situs resmi dari berbagai lembaga pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara.

Berikut ini beberapa di antaranya:

Info mudik Kementerian Kesehatan

Situs ini menyediakan informasi mengenai bagaimana mudik sehat, yakni berupa kumpulan artikel, dan berita terkini terkait kesehatan. Selain itu ada penerangan kepada masyarakat tentang apa yang harus dilakukan saat pelaksanaan mudik agar tetap sehat.

Info mudik Jasa Marga

Laman ini memberikan informasi tentang lalu lintas mudik, seputar jalan tol, area istirahat (rest area), tip mudik via darat, laut, dan udara, mudik gratis pihak Jasa Marga, serta info layanan mudik.

Anda akan mendapatkan beberapa informasi yang akan memudahkan perjalanan Anda seperti info pemandu tol, layanan jalan tol, ruas tol, dan sebagainya.

Info mudik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Situs ini akan memberikan informasi mengenai kebijakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menghadapi mudik Lebaran 2018, informasi lalu lintas (realtime) yang bisa Anda dapatkan via aplikasi Whatsapp ke nomor yang telah disediakan.

PUPR pun menyediakan juga Streaming Monitoring System (SMS) yang terkoneksi dengan satelit untuk mengawasi dan berkomunikasi interaktif lapangan secara realtime.

SMS ini menggunakan mobil dan dibagi jadwal operasionalnya. H-5 lebaran, mobil ini beroperasi di Jakarta, kemudian ke Solo, Yogyakarta, Jalur Jawa Tengah, Bumiayu.

Pada hari H lebaran dan setelahnya, mobil berada di Pantura, kemudian Brebes, Cipali, Jawa Barat, dan kembali lagi ke Jakarta.

Info mudik Pertamina

Informasi yang disediakan laman ini antara lain, lokasi-lokasi penjualan Pertamax dan Dex dalam kemasan (KiosK) di Pulau Jawa dan Sumatera, area istirahat, bermain anak, area ibadah, toilet, serta gerai yang menyediakan makanan dan minuman di berbagai SPBU Pertamina di sepanjang jalur mudik.

Info mudik BMKG

Anda yang membutuhkan kepastian cuaca pada wilayah yang akan Anda lalui, bisa melihat pantauan melalui laman BMKG. Laman ini memberikan informasi mengenai prakiraan cuaca, iklim, angin, dan sebagainya.

Informasi prakiraan cuaca ini dapat dipilih berdasarkan jalur tol yang dilalui. Selain itu, terdapat informasi posko Lebaran di wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara.

Info mudik Kepolisian Negara Republik Indonesia

Laman informasi ini terhubung langsung dengan aplikasi NTMC Mudik. Aplikasi yang dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri ini untuk mempermudah perjalanan para pemudik.

Aplikasi ini adalah hasil olahan kongsi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Jasa Marga, dan Jasa Raharja.

Selain itu, terdapat pula layanan bantuan polisi untuk melaporkan suatu kejadian yang dialami terkait lalu lintas, seperti kemacetan dan kecelakaan. Dalam fitur tersebut, terdapat kolom tanggal, jam, lokasi, kronologi untuk menceritakan kejadian, serta kolom foto.

“Ada macam-macam pilihan, bisa peta elektronik, kami kerja sama link dengan Waze dan Google Maps. Jadi ada jendela khusus tinggal klik, (informasi) itu keluar,” kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa dalam Viva.co.id.

Info mudik Telkom Indonesia

Selain memberikan informasi seputar mudik bareng yang diadakan PT Telkom Indonesia, laman ini juga menginformasikan rute perjalanan bis dan kapal laut, serta ketersediaan slot kosong disertai data statistik pemudik.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.