Siap-siap, Harga SSD dan Hard Disk Melambung!

Samsung Memory

Dalam dunia teknologi yang selalu berubah, ada satu hal yang tampaknya tidak dapat dihindari – kenaikan harga. Salah satu komponen yang tidak terkecuali adalah media penyimpanan, khususnya solid state drive (SSD) dan hard disk drive (HDD). Prediksi terbaru menunjukkan bahwa harga kedua jenis media penyimpanan ini akan mengalami kenaikan.

Pemulihan pasca pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor utama di balik prediksi ini. Seperti banyak sektor lainnya, industri teknologi juga terpukul oleh pandemi. Permintaan produk turun drastis selama periode ini, dan produsen SSD dan HDD sedang berusaha pulih dari dampak tersebut. Mereka berupaya meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan yang kembali meningkat.

Selain itu, permintaan untuk media penyimpanan berkapasitas besar juga meningkat. Hal ini seiring dengan booming teknologi artificial intelligence (AI) yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Permintaan ini, bersamaan dengan siklus upgrade pengguna, mendorong demand sehingga mendongrak harga.


Namun, tantangan lain muncul dalam bentuk kekurangan pasokan. Produsen besar seperti Western Digital Corporation (WDC) dan Seagate mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan yang tinggi. Keduanya bahkan telah memberitahu mitra ritel mereka untuk memberlakukan kenaikan harga untuk produk SSD dan HDD.

Inflasi global juga berpengaruh terhadap biaya produksi. Selain itu, booming AI dan berkurangnya produksi hard drive membuat pasokan HDD tidak mampu memenuhi permintaan pasar. Semua faktor ini berkontribusi terhadap prediksi kenaikan harga SSD dan HDD.

Menurut Trendforce, harga HDD diperkirakan akan naik antara 5 hingga 10 persen pada kuartal kedua tahun 2024. Kabar ini tentu menjadi perhatian bagi konsumen dan industri teknologi. Mari kita tunggu dan lihat bagaimana perkembangan selanjutnya. Semoga berita ini bermanfaat dan tetap update dengan berita teknologi terbaru lainnya.