Microsoft Mengerjakan Proyek CorePC untuk Versi Windows yang Lebih Fleksibel

Microsoft

Microsoft sedang mengerjakan proyek CorePC yang bertujuan untuk membuat versi Windows yang lebih fleksibel dan mirip dengan ChromeOS milik Google. Tujuan proyek ini adalah memodulasi dan meningkatkan opsi penyesuaian sistem operasi agar dapat beroperasi pada berbagai faktor bentuk tanpa memaksakan komponen warisan di semua perangkat. Sebelumnya, Microsoft pernah mencoba mengerjakan proyek serupa seperti Project Midori dan Windows Core OS, namun tidak ada yang berhasil direalisasikan. Dengan CorePC, Microsoft dapat membuat “edisi” Windows yang berbeda dengan berbagai tingkat fungsionalitas dan kompatibilitas aplikasi.

CorePC memiliki desain “state separated” yang mirip dengan Android dan iPadOS, dengan beberapa partisi untuk penginstalan. Hal ini memungkinkan pembaruan lebih cepat dan meningkatkan stabilitas sistem. Jika CorePC dirilis, OEM Windows akan memiliki kapasitas untuk memproduksi PC yang menyaingi Chromebook dengan kemampuan untuk memproduksi PC minimalis yang hanya mendukung segelintir aplikasi seperti Edge, browser, aplikasi Android, dan aplikasi Office. Selain itu, Microsoft juga sedang mengembangkan lapisan kompatibilitas yang disebut “Neon” untuk mendukung aplikasi lawas.

Meskipun Microsoft belum mengumumkan tanggal rilis untuk CorePC, sumber menunjukkan bahwa CorePC akan siap diluncurkan pada 2024. CorePC juga akan dioptimalkan dengan silikon dan memiliki kemampuan AI untuk menganalisis konten yang ditampilkan dan menawarkan saran untuk langkah selanjutnya. Namun, perangkat keras khusus diperlukan untuk fungsi AI tertentu.