Cara Download dan Install Android 13 di Perangkatmu

android 13

Google telah meluncurkan pembaruan software Android 13 untuk perangkat yang mendukung, terutama Google Pixel. Karenanya, para pemilik Google Pixel dapat langsung mengunduh update terbaru tersebut pada perangkat mereka.

Sayangnya, update software terbaru ini belum menjangkau perangkat seperti Samsung Galaxy dan Motorola. Kendati demikian, pengguna perangkat lain bisa mendapatkan software Android 13 beta, jika memiliki perangkat non-Pixel yang kompatibel.

Untuk diketahui, pada Februari 2022, Google sempat merilis versi pertama dari Android 13 beta, sebelum diikuti dengan peluncuran Android 13 public beta pertama pada April. Update terakhir dikeluarkan pada Juni menjadi pembaruan keempat dan bentuk final dari Android 13 beta.


Kehadiran Android 13 membawa beberapa fitur baru bagi Android, seperti desain ulang Material You dengan skema warna otomatis berdasarkan warna wallpaper, kill switch untuk mencegah aplikasi pihak ketiga mengakses kamera dan microphone, end-to-end encryption, dan fitur clipboard universal.

Lantas, seperti apa cara mengunduh Android 13 versi beta untuk perangkat yang sudah mendukung, terutama di seri Pixel? Simak langkah-langkahnya seperti dikutip dari laman CNET, Sabtu (3/9/2022) berikut ini.

Sebelum menjalankan proses pemasangan Android 13 pada handphone, pastikan perangkat sudah tersambung jaringan WiFi yang stabil dalam keadaan terpasang charger. Ini disebabkan selama proses instalasi, baterai perangkat harus terisi kurang lebih 50% agar over-the-air update berfungsi.

Anda bisa memulai mengunduh software dengan mengunjungi aplikasi Settings lalu scroll ke bawah untuk menemukan opsi System Update.

Cara Memasang Android 13 pada Smartphone

Apabila update tersedia, pemberitahuan akan muncul setelah Anda memilih opsi tersebut. Namun, jika update belum muncul, Anda dapat mengetuk pilihan Check for update.

Pastikan perangkat memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk mengunduh software. Proses penginstalan bisa gagal sebab tidak adanya ruang untuk menyimpan hasil unduhan software.

Selanjutnya, Anda dapat langsung menekan tombol Download and install yang terletak di bawah sebelah kanan untuk memulai pemasangan. Umumnya, proses penginstalan software akan berjalan selama 20 sampai 30 menit, tergantung dengan ukuran dan kondisi perangkat.

Setelah proses pengunduhan selesai dan handphone di-reboot, Anda dapat langsung menjalankan perangkat dengan software Android 13.

Android Tipe Apa Saja yang Mendukung Android 13?

Pemasangan Android 13 pada handphone Android dibatasi berdasarkan model Pixels dari Android. Beberapa Android yang mendukung penggunaan Android 13 di antaranya sebagai berikut.

  1. Pixel 4
  2. Pixel 4 XL
  3. Pixel 4A
  4. Pixel 4A (5G)
  5. Pixel 5
  6. Pixel 5A
  7. Pixel 6
  8. Pixel 6A
  9. Pixel 6 Pro

Selanjutnya, Android 13 akan diluncurkan untuk perangkat lain seperti Samsung Galaxy, Asus, HMD (Nokia), iQoo, Motorola, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Vivo, Xiaomi, Sony, dan lainnya pada akhir 2022.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.