Merawat Smartphone Fast Charging Agar Berumur Panjang

fast charging

Fast charging adalah salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan di smartphone. Seperti namanya, fast charging memungkinkan kamu dapat mengisi baterai dengan lebih cepat dari biasanya.

Meskipun canggih, smartphone dengan teknologi fast charging ternyata punya potensi mudah rusak, terutama di bagian baterai. Kamu bisa lakukan 5 tips di bawah agar smartphone fast charging berumur panjang. Lakukan secara konsisten, ya!

1. Segera cabut charger ketika baterai penuh


Tips pertama yaitu segera mencabut ketika baterai sudah penuh. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya overvoltage pada baterai yang dapat menyebabkan baterai menjadi kembung. Pernah dengar HP meledak saat dicas? Itu juga disebabkan overvoltage karena terlalu lama mengecas.

Meskipun smartphone di zaman sekarang rata-rata sudah memiliki charger protection, tetap saja kamu harus mencabut charger untuk menghindari overvoltage. Jangan ditinggal tidur semalaman, ya!

2. Mengecas di ruangan yang bersuhu dingin

Suhu smartphone yang meningkat ketika dicas adalah salah satu kekurangan smartphone fast charging. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan mengecas di ruangan yang bersuhu dingin. Tujuannya jelas yaitu agar smartphone tidak overheat atau ‘terlalu panas’.

Smartphone overheat yang disebabkan bermain game berat atau mengecas di ruangan yang bersuhu panas dapat mengakibatkan baterai cepat rusak. Yang terparah, komponen smartphone bisa mengalami kerusakan.

3. Mencabut kepala charger setelah selesai mengecas

Smartphone fast charging itu berkolaborasi dengan kepala charger, jika kepala charger-nya rusak, maka fast charging tidak akan berfungsi. Oleh karena itu, alih-alih merawat smartphone, kamu juga harus merawat kepala charger agar teknologi fast charging di HP-mu tidak rusak.

Selain mencabut kepala charger setelah selesai mengecas, kamu juga bisa merawat kepala charger dengan tidak meminjamkannya ke smartphone lain yang berbeda merek. Harga kepala charger yang original mahal, lho. Jaga baik-baik, ya!

4. Mematikan atau mendiamkan smartphone ketika dicas

Ketika smartphone sedang dicas, kita dianjurkan untuk matikan atau mendiamkan smartphone. Hal ini dilakukan agar baterai lebih cepat penuh dan smartphone tidak overheat.

Sebenarnya, kamu diperoleh memainkan smartphone ketika dicas asalkan aktivitas yang dilakukan ringan. Yang tidak diperbolehkan itu seperti bermain game berat karena dapat menyebabkan smartphone overheat.

5. Cas smartphone ketika presentasi baterai di bawah 30 persen

Mengecas smartphone ketika presentasi di bawah 30 persen dilakukan untuk merawat baterai agar berumur panjang. Beberapa hal lain yang juga harus dihindari, seperti memakai smartphone sampai baterainya habis, mengecas ketika ada petir, dan mengecas ketika tegangan listrik sedang drop ‘turun’. Hindari, ya!

Merawat smartphone yang memiliki teknologi fast charging sebenarnya sangat mudah. Cukup terapkan kelima tips di atas saat mengecas, maka umur baterai kamu akan lebih panjang. Mengingat biasa untuk servis HP tidak murah, sudah seharusnya kamu harus merawatnya baterai dengan serius.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.