Server Discord OpenSea Sempat Terkena Serangan Phishing

OpenSea

Belum lama ini saluran Discord resmi untuk OpenSea, pasar NFT terbesar di dunia mengalami serangan phising yang membuat sejumlah NFT hilang dicuri.

Dalam kasus ini, bot Discord OpenSea membuat pengumuman palsu tentang OpenSea yang bermitra dengan YouTube, menarik pengguna untuk mengklik tautan “YouTube Genesis Mint Pass” untuk mengambil salah satu dari 100 NFT gratis dengan “utilitas gila” sebelum mereka hilang selamanya, sebagai serta beberapa pesan tindak lanjut.

Perusahaan pelacakan keamanan Blockchain PeckShield menandai URL yang ditautkan oleh penyerang, “youtubenft.art” sebagai situs phishing, yang saat ini sudah tidak tersedia.


Sementara pesan dan situs phishing sudah hilang, satu orang mengatakan telah kehilangan NFT dalam insiden tersebut menunjuk ke alamat di blockchain sebagai milik penyerang. Saat ini identitas itu telah diblokir di situs OpenSea.

Berdasarkan pantauan melalui Etherscan.io, menunjukkan 13 NFT ditransfer ke Rarible dari lima sumber sekitar waktu serangan.

NFT itu sudah dilaporkan OpenSea untuk “aktivitas mencurigakan” dan, berdasarkan harga mereka saat terakhir dijual, tampaknya bernilai sedikit di atas USD 18.000 atau sekitar Rp 261,6 juta. Dalam sebuah wawancara, juru bicara OpenSea, Allie Mack mengkonfirmasi insiden tersebut.

“Seorang penyerang dapat memposting tautan berbahaya di beberapa saluran Discord kami. Kami melihat tautan berbahaya segera setelah diposkan dan segera mengambil langkah untuk memperbaiki situasi, termasuk menghapus bot dan akun jahat,” ujar Mack.

“Kami juga memperingatkan komunitas kami melalui saluran dukungan Twitter kami untuk tidak mengklik tautan apa pun di Discord kami. “Kami terus secara aktif menyelidiki serangan ini, dan akan terus memberi tahu komunitas kami tentang informasi baru yang relevan,” ia menambahkan.

Analisis awal OpenSea menunjukkan serangan itu berdampak terbatas. Saat ini pihak OpenSea mengatakan ada kurang dari 10 dompet yang terkena dampak serangan itu dan NFT curian berjumlah kurang dari 10 ETH.