Ide baru Apple Bikin iPhone Tanpa Slot SIM Card?

Apple mungkin akan meluncurkan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card. Mengutip Gadgetsnow, Senin (27/12/2021), kemungkinan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card adalah iPhone 15 series. Informasi ini pertama kali diungkap berdasarkan laporan dari BlogDoiPhone.

iPhone 15 sendiri diperkirakan bakal rilis pada 2023, hal ini mengingat iPhone terbaru yakni iPhone 13 series dirilis pada 2021.

Laporan itu menyebut, iPhone 15 bisa jadi model iPhone pertama yang rilis tanpa slot SIM card fisik. Rumor ini berdasarkan sumber internal dari perusahaan. Meski begitu kebenarannya masih belum diketahui.


Menurut laporan, Apple telah lama bereksperimen untuk tidak menghadirkan SIM card di perangkatnya, salah satunya dengan implementasi teknologi eSIM.

“Seorang sumber internal yang tidak disebutkan namanya menyebut, nantinya mulai dari 2023, iPhone versi Pro mungkin tidak akan menghadikan slot SIM card fisik dan hanya menggunakan 2 slot eSIM,” tulis laporan itu.

Transisi ke eSIM

Perlu diketahui, iPhone dan iPad perlahan memang sudah memulai transisi untuk menerapkan slot eSIM pada sejumlah model iPhone, dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro merupakan model iPhone pertama yang memiliki dukungan dual eSIM, memungkinkan pengguna memakai dua eSIM.

Jika Apple benar-benar akan menghadirkan iPhone tanpa slot SIM card pada iPhone 15, kemungkinan perangkat ini tidak bisa dirilis di seluruh pasar internasional. Hal ini masuk akal mengingat belum semua negara mengadopsi teknologi eSIM pada smartphone.

Selain rumor mengenai desain iPhone tanpa slot SIM card, ada juga rumor mengenai Apple yang tengah mengembangkan iPhone port-less. Jika rumor ini benar, ada kemungkinan Apple mau mempensiunkan konektor Lightning yang selama ini dipakai di iPhone.

Bocoran iPhone 14, Punya Kamera 48MP?

Terlepas dari rumor kehadiran iPhone tanpa slot SIM card, hampir satu dekade, Apple masih setia menggunakan lensa kamera bersensor 12MP untuk deret seri iPhone mereka.

Namun, hal tersebut tampaknya akan berubah dengan salah satu seri iPhone terbaru, yaitu iPhone 14 Pro.

Apple akan menggunakan sensor 48MP untuk kamera utamanya, ucap analis Ming-Chi Kuo yang dikutip GSM Arena, Rabu (22/12/2021).

Menggunakan sensor 48MP, kamera iPhone 14 Pro ini menghasilkan gambar 12MP yang lebih detail berkat teknologi pixel-binning.

Selain meningkatkan kemampuan sensor kamera, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga akan memperkenalkan lensa periskop seperti Huawei P50 Pro.

Disebutkan, lensa ini akan hadir di seri iPhone 15 yang dijadwalkan meluncur pada 2023.

Sayang, masih belum ada informasi lebih detail tentang hal tersebut. Saat ini, iPhone 13 Pro hanya menggunakan kamera telefoto berkemampuan 3x zoom.