Apple Bakal Peringatkan Pengguna yang Jadi Korban Spyware

Apple mengumumkan bakal memperingatkan pengguna perangkatnya yang menjadi target serangan spyware, terutama target dari aktor yang disponsori negara.

Apple akan memberikan notifikasi pada email dan nomor telepon pengguna yang didaftarkan menjadi Apple ID. Selain itu, pengguna yang masuk ke appleid.apple.com akan mendapatkan threat notification di bagian atas halaman tersebut.

Perusahaan memastikan notifikasi yang diberikan tidak akan meminta pengguna untuk mengklik atau mengunduh konten tertentu. Karenanya, informasi detail mengenai serangan spyware bisa diakses melalui situs Apple ID.


Langkah ini diambil setelah sebelumnya Apple mengajukan gugatan terhadap NSO Group dan perusahaan induknya. Dalam gugatannya, Apple meminta pertanggungjawaban atas penargetan pengguna perangkatnya lewat spyware Pegasus besutan NSO Group.

Melalui gugatan ini, Apple ingin agar pengadilan secara permanen melarang NSO Group menggunakan software, layanan, atau perangkat Apple apa pun. Untuk diketahui NSO Group diketahui menciptakan spyware untuk mematai-matai targetnya.

Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple, Craig Federighi, mengatakan, aktor yang disponsori negara seperti NSO Group menghabiskan jutaan dolar AS untuk membesut teknologi pengawasan canggih tanpa akuntabilitas efektif.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.