Cara Biar Handphone Gak Panas Waktu Main Game

game

Selain menjadi alat komunikasi, smartphone sering kali dipakai untuk berbagai hal mulai dari memantau media sosial, menonton film, atau mendengarkan musik.

Selain dari hal di atas, ponsel memang juga sering dipakai untuk bermain gim mobile dengan kebutuhan grafis ringan hingga berat sekalipun.

Karena hal tersebut, smartphone kamu mungkin akan mengalami panas berlebih. Saat terjadi overheat, sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja ponsel.


Hal ini dilakukan untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone.

Smartphone pun akan menjadi lemot dan kurang responsif saat dipakai. Ini dapat mengakibatkan berbagai masalah serius pada ponsel.

Adapun masalah itu, termasuk baterai bocor, kehilangan data, dan masalah pelik lainnya. Ponsel pun berpotensi mati total bila batas suhu terlewatkan.

Lalu bagaimana cara agar smartphone yang kamu pakai tidak cepat panas saat bermain gim? Tanpa panjang lebar, berikut adalah caranya.

Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Saat gaming, hampir 100 persen kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi gim. Biasanya, aplikasi yang sering masih berjalan di background adalah browser, musik, dan media sosial.

Untuk melakukannya, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan. Perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM (Random Access Memory).

Matikan aplikasi tidak penting selain gim pilihanmu agar masih banyak kapasitas RAM yang tersisa.

Bersihkan Ruang Simpan

Seringkali smartphone penuh dengan aplikasi yang tidak penting dan jarang sekali kamu gunakan.

Apabila aplikasi-aplikasi ini masih ter-install di dalam ponsel maka akan menguras kapasitas RAM yang ada.

Sebaiknya kamu hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai tersebut karena berpotensi membuat kinerja smartphone lambat saat bermain gim.

Gunakan fitur Clean storage di Settings, lalu hapus juga foto, video, cache, audio, dan dokumen yang tidak terpakai atau pindahkan ke SD Card.

Pilih Smartphone Bersistem Pendingin Terbaik

Penggunaan smartphone sehari-hari seperti untuk bermain gim dalam waktu lama sering menyebabkan masalah panas.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih perangkat yang memiliki spesifikasi software dan hardware terbaik, serta sistem pendingin yang bisa menghilangkan panas berlebih dengan cepat.