Internet Exploler Akan Hilang di Windows 10

internet exploler

Microsoft akhirnya akan menghentikan Internet Explorer setelah berjalan lebih dari 25 tahun.

Raksasa software itu mengumumkan bahwa versi Internet Explorer (versi 11) saat ini tidak lagi didukung pada versi konsumen Windows 10 dan akan dimulai 15 Juni 2022.

Sebaliknya, Microsoft mengatakan akan mengalihkan fokus ke browser web Edge, yang diluncurkan pada tahun 2015.


“Kami mengumumkan bahwa masa depan Internet Explorer pada Windows 10 ada di Microsoft Edge,” kata Sean Lyndersay, manajer program Microsoft Edge.

Internet Explorer pernah menjadi pemain dominan di masa-masa awal perkembangan internet, tetapi secara bertahap memudar ketika raksasa teknologi lainnya meluncurkan browser web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari Apple.

Menurut Statcounter, Pada April 2021, Explorer menguasai kurang dari 2 persen pasar browser global untuk komputer desktop. Sebagai perbandingan, Google Chrome memiliki 65 persen pangsa pasar, diikuti oleh Safari Apple dengan pangsa pasar 18 persen.

Ini menandai penurunan tajam untuk Explorer – yang merupakan browser dominan selama lebih dari satu dekade setelah diluncurkan pada tahun 1995.

Pada puncaknya di akhir tahun 90-an, dominasi Explorer sangat penting dalam tindakan keras anti-monopoli pemerintah terhadap Microsoft.

Seorang hakim federal memutuskan bahwa Microsoft melanggar undang-undang anti-monopoli dengan mengikat Explorer ke perangkat lunak sistem operasi Windows-nya. Hakim menemukan bahwa praktik tersebut secara efektif mematikan penggunaan browser saingan Netscape Navigator antara 1995 dan 1998.

Microsoft menyelesaikan perkaranya dengan Departemen Kehakiman pada tahun 2001 atas tuduhan tersebut, tetapi tidak mengakui melakukan kesalahan.

Namun, untuk para penggemar Explorer, Microsoft mengatakan akan terus menawarkan “mode IE” dalam browser Edge-nya, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs dan aplikasi yang belum beralih dari Explorer.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.