Fitur Lossless Audio dan Dolby Atmos Tanpa Biaya Tambahan Di Apple Music

apple music

Apple akhirnya mengumumkan kehadiran fitur baru untuk layanan Apple Music. Seperti diprediksi sebelumnya, fitur baru tersebut adalah dukungan lossless audio dan Dolby Atmos.

Kedua fitur ini akan tersedia untuk seluruh pelanggan Apple Music mulai Juni 2021 dan tidak ada biaya tambahan yang dibebankan.

Adapun codec yang digunakan Apple dalam fitur ini adalah APAC (Apple Losslees Audio Codec). Apple memastikan layanan ini akan tersedia untuk seluruh trek yang ada di Apple Music dan dapat dimainkan di perangkat Apple sendiri maupun perangkat lain.


Menurut Apple, lossless audio yang dihadirkan di layanan Apple Music akan dimulai dengan 16-bit 44,1kHz hingga 24-bit 48kHz, tergantung dengan trek yang dimainkan.

Sementara untuk format audio Dolby Atmos yang dikenal dengan nama Spatial Audio, Apple mengatakan fitur ini belum mendukung seluruh trek di Apple Music. Namun sudah ada sekitar ribuan trek yang mendukung fitur ini dan akan ditambahkan secara berkala.

Nantinya, trek yang mendukung Dolby Atmos akan secara otomatis diputar dengan mode Spatial Mode pada AirPods dan headphone Beats dengan chip H1 atau W1. Trek ini juga mendukung built-in speaker di iPhone, iPad, dan Mac model terbaru.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah fitur Dolby Atmos ini akan tersedia untuk seluruh pelanggan Apple Music atau yang hanya menggunakan perangkat Apple. Sebab, sejumlah perangkat Android juga sudah mendukung kemampuan tersebut.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.