Hacker Sembunyikan Malware di Clubhouse Versi PC Palsu

clubhouse

Baru-baru ini, pelaku kejahatan siber memposting sebuah iklan di Facebook tentang aplikasi Clubhouse versi PC.

Nyatanya, aplikasi Clubhouse versi PC ini yang diklankan ke Facebook tersebut adalah palsu dan berisikan malware berbahaya.

Menurut laporan TechCrunch, Sabtu (10/4/2021), korban yang mengklik iklan di Facebook itu akan dialihkan ke laman web Clubhouse palsu.


Di laman web Clubhouse palsu tersebut, pelaku kejahatan juga menyertakan sebuah tautan download untuk aplikasi yang berisikan malware tersebut.

Setelah diunduh dan dibuka, aplikasi Clubhouse versi PC palsu itu akan berkomunikasi dengan server utama untuk mendapatkan instruksi apa yang dilakukan berikutnya.

Diteliti lebih dalam, malware itu berusaha menginfeksi perangkat korban dan mengunci akses (menyandera) berbagai file yang ada di dalam perangkat dengan ransomware.

Hanya dalam waktu semalam, situs web Clubhouse palsu–yang dihosting di Rusia–tersebut sudah offline. Dengan begitu, malware pun berhenti bekerja.

Lebih lanjut, tidak jarang penjahat dunia maya menyesuaikan metode penyebaran malware mereka dengan cara “mendompleng” popularitas sebuah aplikasi.

Clubhouse sendiri dilaporkan sudah diunduh lebih dari 8 juta kali secara global hingga saat ini, walau aplikasi tersebut hanya bisa diakses bila pengguna mendapatkan undangan.

Melihat antusiasme pengguna yang tinggi, tentunya hal tersebut mendorong pelaku kejahatan memanfaatkan aplikasi tersebut untuk berbuat jahat.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.