Presiden OCA Apresiasi Persiapan Asian Games 2018

malline.id

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bertemu dengan Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al Sabah. Presiden OCA mengapresiasi persiapan dilakukan oleh Indonesia.

“Kesiapan Indonesia untuk Asian Games 2018 terkait infrastruktur, cabang olahraga dan event pendukung lainnya telah disampaikan oleh Bapak Jusuf Kalla kepada OCA dan mereka telah mengetahui perkembangan kesiapan serta menyetujui kebutuhan yang diperlukan oleh Indonesia”, ujar Menko PMK dalam keterangan tertulis, Minggu (15/10/2017).

Pertemuan yang bertempat di Wisma Serbaguna INASGOC tersebut membahas mengenai kesiapan Indonesia dalam penyelenggaran Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.


Puan mengatakan Presiden OCA Syeikh Ahmad Al Sabah mengapresiasi Indonesia atas kesiapan yang mulai masuk pada masa Countdown (Hitung Mundur) kurang dari 1 tahun. OCA berharap target-target yang ditetapkan dari Indonesia dapat tercapai dan OCA akan selalu siap mendukung kebutuhan penyelenggaraan Asian Games 2018 ke 18 yang bertempat di Indonesia.

Selain pembahasan kesiapan Indonesia dalam Asian Games 2018, Menko PMK selaku Wakil Ketua Panitia Pengarah Asian Games 2018 juga menyaksikan secara langsung acara penandatanganan kerja sama partner pendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 antara INASGOC yang diwakili oleh Erick Thohir selaku Ketua Pelaksana INASGOC dengan beberapa partner pendukung.

Lebih lanjut Puan menyampaikan bahwa Indonesia dan OCA telah menyetujui 40 cabang olahraga. Namun untuk event pendukung yang berjumlah sekitar 642 event, OCA akan fleksibel dengan hal tersebut dan test event pra Asian Games 2018 akan dimulai pada Februari 2018.

Demi kelancaran seluruh acara Asian Games 2018, serta mengantisipasi kemacetan lalu lintas di Jakarta, maka panitia dan sektor terkait akan menyiapkan jalur khusus untuk mobilitas terkait Asian Games.

“Akan diupayakan pengaturan lalu lintas dengan jalur khusus, sehingga peserta Asian Games lancar sekaligus aktivitas masyarakat tak terganggu dan tetap nyaman,” ungkapnya.

Mengakhiri kegiatannya, Puan kembali menegaskan bahwa Indonesia optimistis seluruh persiapan dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

“Pertemuan antara OCA dan Pemerintah Indonesia berjalan dengan baik serta on the track. Indonesia optimis penyelenggaraan Asian Games 2018 dapat berjalan dengan sesuai target,” tutupnya.

Hadir pada pertemuan sore ini, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Pelaksana INASGOC Erick Tohir Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan Plt. Deputi Bidang Koordinasi Budaya Kemenko PMK, Nyoman Shuida serta perwakilan OCA lainnya.