Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Jawa Tengah

Ketika memutuskan untuk liburan ke daerah Jawa bagian tengah, pasti salah satu yang ada dipikiran kita Yogyakarta. Ya, Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Jawa bagian tengah yang banyak didatangi wisatawan untuk berlibur.
Selain banyaknya tempat wisata, di Yogyakarta juga banyak tersedia penginapan yang membuat wisatawan betah berlibur di sana. Villa di Yogya menjadi salah satu penginapan yang sering dipilih ketika liburan ke Kota Pelajar tersebut.

Selain Yogyakarta, daerah Jawa Tengah lainnya juga sering menjadi pilihan wisatawan ketika hendak liburan. Ada banyak destinasi wisata menarik di Jawa Tengah. Mulai dari wisata sejarah, wisata edukasi, hingga tempat wisata yang kental dengan nuansa alam.

Jika kamu berkesempatan liburan ke Jawa Tengah, destinasi wisata berikut bisa menjadi opsi untuk kamu menghabiskan waktu liburan.


Candi Borobudur

Ikon wisata paling populer di Jawa Tengah ini berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan bangunan peninggalan agama Buddha pada zaman dahulu. Candi Borobudur juga merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang sampai sekarang masih terjaga keasliannya.

Destinasi wisata ini bisa menjadi wisata edukasi yang tepat untuk kamu yang ingin wisata bersama keluarga. Untuk bisa menikmati jejak sejarah Candi Borobudur, pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp 15.000 untuk wisatawan lokal dan US$ 20 untuk wisatawan mancanegara.

The Lawu Park

The Lawu Park resort merupakan destinasi wisata yang kental dengan nuansa alam. Tempat wisata ini berlokasi di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Ketika memasuki The Lawu Park, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah berupa jajaran pohon pinus. Selain itu, di sini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas outbond bersama keluarga.

Tidak hanya menawarkan tempat rekreasi, The Lawu Park juga menyediakan tempat menginap dan restoran. Ada tiga jenis penginapan yang tersedia di The Lawu Park, yakni cottage, glamping, dan super glamping.

Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa merupakan destinasi wisata laut yang paling populer di Jawa Tengah. Bahkan keindahan tempat ini sudah terdengar hingga ke luar negeri. Banyak wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktu liburan mereka ke Jawa Tengah bagian utara ini.

Destinasi ini sebenarnya merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi Dinas Pariwisata setempat. Tempat wisata ini mempunyai garis pantai yang indah dan memiliki kekayaan laut yang luar biasa, seperti ikan dan terumbu karang yang indah. Pengunjung bisa melakukan banyak hal seperti menyelam, berenang, memancing, dan snorkeling.

Dataran Tinggi Dieng

Tidak hanya wisata laut, di Jawa Tengah juga terdapat destinasi wisata yang berada di dataran tinggi, yakni Dieng. Objek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri. Di sana ada banyak tempat wisata menarik, di antaranya Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda.

Banyak yang bilang kalau dataran tinggi Dieng mirip dengan Plitvice Lake di Kroasia, objek wisata yang juga menawarkan keindahan alam di kawasan dataran tinggi.

Umbul Ponggok

Berlokasi di Klaten, Umbul Ponggok menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini cukup digandrungi oleh wisatawan. Umbul Ponggok merupakan kolam renang raksasa yang didesain mirip lautan, lengkap dengan ikan, batu karang, pernak – pernik laut lainnya.

Di sini pengunjung bisa menyelam sambil berfoto di dalam air. Keindahan dan keunikan yang ditawarkan Umbul Ponggok, membuat banyak orang menjadikan tempat ini sebagai lokasi prewedding. Menariknya, untuk berpose di kolam raksasa ini pengunjung tidak usah repot – repot bawa properti, pihak pengelola sudah menyediakan semuanya.

Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan destinasi wisata yang cukup populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Tempat ini disebut Lawang Sewu bukan karena mempunyai seribu pintu, hanya saja memang bangunan ini memiliki banyak pintu. Dahulunya Lawang Sewu merupakan kantor pusat perkeretaapian di wilayah Semarang. Makanya tidak heran kalau disini banyak pajangan miniatur kereta.

Satu hal yang menarik dari Lawang Sewu adalah aura mistis yang muncul ketika malam hari. Buat kamu yang tertarik dengan dunia mistis, silahkan mencoba untuk datang ke sini pada malam hari. Selain itu, nuansa klasik pada bangunan Lawang Sewu seringkali dijadikan sebagai latar fotografi, shooting film, dan sejenisnya.

Selain tempat-tempat wisata di atas, ada banyak lagi destinasi wisata menarik di Jawa Tengah. Namun sebelum berkunjung ke tempat wisata tersebut, jangan lupa mencari penginapan yang nyaman untuk kamu beristirahat.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.