Jokowi Disambut-Dijamu Biden di Gedung Putih, “See You in Bali for G20” Ucap Jokowi

Washington D.C – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam acara jamuan santap malam di Gedung Putih, Washington DC. Jokowi hadir bersama pemimpin negara-negara ASEAN lainnya.
Dikutip dari rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Gedung Putih, Washington DC, pada Kamis (12/5) sekitar pukul 17.20 waktu setempat. Jokowi langsung disambut oleh Biden, yang kemudian bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

“Looking forward to a stronger ASEAN-US relationship. See you in Bali for G20,” tulis Jokowi di buku tamu kenegaraan.

Jokowi juga sempat melakukan sesi foto menghadap Monumen Nasional bersama para pemimpin negara-negara ASEAN. Selanjutnya, dia langsung menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam.


Dalam kesempatan itu, Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden. Dalam statement pengantar toast, Jokowi menyebut KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif.

“Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian, dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan,” ujar Jokowi seperti dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Dalam acara itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Acara jamuan makan malam itu selesai sekitar pukul 20.00 waktu setempat.