Ini fakta Robot Trading

Belum lama ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Markas Besar (Mabes) Polri kembali menindak penyegelan usaha penjualan expert advisor/robot trading yang dilakukan PT DNA Pro Akademik pada Jumat malam, 28 Januari 2022.

Sebenarnya apa itu robot trading? Kenapa banyak sekali perusahaan penjual robot trading yang kemudian disegel oleh lembaga atau pihak berwajib.

Menurut trader sekaligus pengamat, Desmond Wira, robot trading adalah suatu software untuk otomatisasi trading (misalnya dalam bentuk Expert Advisor atau EA).


“Robot trading yang digunakan sudah jelas, ada file nya yaitu dengan extensi mq4 atau ex4. Banyak juga robot EA yang bisa download gratis atau dibeli. Robot ini bisa digunakan di broker forex manapun,” jelas Desmond, Selasa (1/2/2022).

Mengenai hal kenapa banyak sekali penjual robot trading di Indonesia disegel usahanya karena robot trading di Indonesia kebanyakan hanyalah kedok belaka.

“Yang menjadi masalah adalah penawaran robot trading di Indonesia itu kebanyakan cuma kedok saja, padahal disinyalir money game. Hal ini memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat awam,” ujar Desmond.

“Bappebti sudah mensinyalir hal ini. Trading yang dilakukan adalah rekayasa. Tidak ada trading beneran. Profit dari member baru diambil dari setoran member lama,” ujar dia.

Oleh karena itu, Desmond mengatakan, sejatinya agar masyarakat tidak terjebak dalam robot trading ilegal adalah dengan mengetahui perbedaan mana yang merupakan robot trading asli dan mana yang abal-abal.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.