Tips agar terhindar dari Kejahatan Modus Hipnotis

Hipnotis kerap dijadikan salah satu modus kejahatan seperti penipuan. Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari kejahatan bermodus hipnotis.
Metode hipnosis ini membuat korban tidak sadar dan bersedia menuruti kemauan pelaku. Misalnya memberikan perhiasan yang dipakai atau mentransfer sejumlah uang.

Modus penipuan ini bisa dilakukan melalui jarak jauh seperti telepon atau berbicara secara langsung. Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Kwartarini Wahyu Yuniarti menjelaskan modus kejahatan ini disebut dengan kejahatan berbasis hipnosis atau di masyarakat awam dikenal dengan istilah hipnotis.

“Kan sebenarnya hipnotis itu merujuk pada orangnya, dalam hal ini korban, sementara metodenya itu disebut hipnosis,” kata Kwartarini, Selasa (4/1) malam, bertepatan dengan peringatan Hari Hipnotis Sedunia.


Modus kejahatan ini banyak terjadi di Indonesia. Kebanyakan hipnosis dilakukan untuk mengelabui korban melalui telepon atau bertemu langsung di lokasi kejadian.

Kwartarini mengatakan setiap orang bisa menjadi korban kejahatan hipnotis. Meski demikian ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak menjadi korban hipnotis.

1. Jangan biarkan pikiran kosong atau melamun
Pikiran kosong sangat mudah disusupi dan digerakkan melalui hipnosis. Saat Anda melamun, para pelaku kejahatan dengan mudah memasuki alam bawah sadar hingga bisa menggerakkan semua kehendaknya pada diri Anda.

“Kalau sedang sendirian jangan melamun, jangan berpikir kosong, dengarkan musik atau berzikir sangat disarankan,” kata Kwartarini.

2. Jangan hanya fokus pada satu hal
Banyaklah berpikir ketika Anda bepergian sendirian. Buat pikiran sibuk, jika sedang jalan-jalan sendirian lihatlah sekeliling, amati apapun yang bisa memecah pikiran Anda agar tak fokus pada satu titik saja.

“Saat Anda fokus pada satu titik biasanya pikiran mudah disetir, alam bawah sadar mudah diambil alih,” kata dia.

3. Tepuk pundaknya
Hal ini berlaku saat Anda yang mendapati korban hipnotis di sekitar Anda. Tepuk pundaknya atau sebut namanya berulang.

“Buat jalinan dengan pelaku terputus, karena sebenarnya hipnotis mudah disconnect cukup dengan dipukul pundaknya agak kencang korban bisa langsung tersadar,” kata Kwartarini.

Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan agar terhindari dari modus kejahatan hipnotis.