Malline

Kata Rio Dewanto Kopi Akan Selalu Digandrungi Leave a comment

Saat ini kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Minuman bercita rasa pahit ini seolah telah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Buktinya, di setiap daerah di Indonesia kini sudah mulai banyak bermunculan kedai-kedai kopi dengan spesialisasi atau ciri khas masing-masing.

Hal tersebut memunculkan sebuah asumsi bahwa kopi bukan hanya tren semata yang akan hilang seiring berjalannya waktu. Bahkan, menurut artis papan atas Indonesia sekaligus pendiri Kopikini.com, tren kopi ini akan terus berkembang dalam kurun waktu sangat panjang.

โ€œUmurnya akan sangat panjang banget, mungkin sampai saya punya cucu pun kopi akan terus digandurungi. Karena kalau ngomongin kopi itu tidak akan habis-habis. Waktu saya tur ke Aceh, saya mendengar cerita-cerita sejarah bahwa dulunya Teuku Umar meminum kopi sebelum berperang. Jadi udah dari sejarahnya orang Indonesia itu peminum kopi,โ€ tutur Rio.


Ketika ditanya terkait perkembangan kopi di Indonesia, Rio mengungkapkan bahwa beberapa daerah sudah mulai concern untuk mengembangkan industri kopi di daeah mereka masing-masing.

โ€œAda beberapa daerah yang sudah sangat maju salah satunya adalah Bali. Mereka sudah sangat maju dalam hal pertanian. Kalau di Jawa di Gunung Kelir juga sudah mulai dibina dengan baik. Beberapa kelompok tani sudah diedukasi sehingga mereka sudah punya keunggulan dalam beberapa hal. Dari kualitas, konsistensi, dan cita rasa biji kopinya sendiri,โ€ungkap Rio.

Edukasi yang diberikan kepada petani kopi memang sangat penting mengingat virus atau tren kopi ini menyebar semakin cepat dan semakin besar. Hal tersebut mendapat perhatian khusus bagi Rio dan beberapa penggiat kopi Tanah Air untuk ikut berkampanye memajukan kopi Indonesia.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Rio saat ini adalah keinginannya untuk membantu proses pendistribuan biji kopi para petani lokal. Pasalnya, saat ini masih banyak petani kopi yang tidak terlalu paham ketika hendak mendistribusikan hasil panen mereka.

โ€œKalau saya diberi kesempatan tinggal bersama para petani kopi, saya akan banyak belajar tentang memanen kopi yang baik, pemberian pupuk yang tepat, serta memotong ranting kopi. Karena ranting kopi itu harus dipotong setelah beberapa kali bercabang. Sebagai timbal baliknya, saya ingin membantu pendisbutrian mereka dengan para stakeholders, dan bagaimana cara mengemas biji kopi yang baik,โ€ tukas Rio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest