malline

Jimmy Wales, Berbagi Pengetahuan Melalui Wikipedia Leave a comment

Wikipedia, yang tahun ini berusia 16 tahun, dirancang sebagai ensiklopedia yang bisa diakses secara online melalui jaringan internet. Namanya sendiri berasal dari gabungan kata “Wiki” dari bahasa Hawaii yang berarti cepat dan “Encyclopedia”. Gabungan itu menghasilkan nama “Wikipedia”.

Wikipedia dibangun oleh para sukarelawan yang diseleksi khusus dan bertanggung jawab atas konten yang di-update-nya. Ada puluhan juta artikel yang terdapat di Wikipedia, yang ditulis dalam 287 bahasa. Sebanyak 4,4 juta di antaranya merupakan artikel berbahasa Inggris.

Ensiklopedia, Buku Favorit Jimmy Wales

Wikipedia didirikan oleh Jimmy Wales pada 15 Januari 2001. Lelaki kelahiran Huntville, Alabama, 7 Agustus 1966, ini adalah anak dari seorang manajer toko kelontong. Sang ibu, mengelola lembaga pendidikan kecil.

Menurut Wales hal yang menarik dari pendidikan di lembaga yang dikelola ibunya itu adalah filosofi pendidikannya yang dalam. Sistemnya mendorong anak untuk bisa memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap banyak hal. Oleh karena itu salah satu buku favorit murid-muridnya, termasuk dirinya, adalah ensiklopedia. “Kami terbiasa berjam-jam bergulat dengan Britannica dan World Book Encyclopedia,” katanya.

Setelah menjalani pendidikan di lembaga pendidikan keluarga, untuk sekolah lanjutannya ia masuk ke Randolph School. Menurut Wales, sekolah swasta itu termasuk sekolah mahal bagi keluarganya, namun orangtuanya tetap bersikeras memasukkan anak-anaknya ke sekolah itu. “Sekolah itu memang mahal tetapi di keluarga kami ada gairah untuk sekolah di sana karena bagaimana pun dengan bekal pendidikan yang baik akan menjadi bekal berharga dalam hidup,” katanya.

Sedangkan pendidikan tingginya diperoleh dari Auburn University di bidang finance. Kemudian mengambil gelar PhD dari University of Alabama di bidang yang sama. Tetapi ia juga (pada saat bersamaan) kuliah di Indiana University untuk program yang sama.

Ide Ensiklopedia Gratis

Karier Jimmy Wales dimulai di Chicago Options Associates, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bursa komoditas, pada tahun 1994. Pada saat itu ia mengaku mulai keranjingan pada internet, bahkan mulai mencoba membuat program-program komputer.

Karena terinspirasi oleh Netscape (perusahaan jasa komputer) yang menawarkan sahamnya di bursa pada tahun 1995, ia mulai memikirkan untuk meninggalkan industri bisnis keuangan yang dijalaninya. Tahun 1996, berpatungan dengan dua orang temannya, ia mendirikan Bomis, situs portal dewasa. Namun website itu gagal karena tak mampu menghasilkan uang.

Pada saat itu pula, ia sudah membayangkan bisa membuat ensiklopedia online yang terus ia diskusikan dengan sejumlah temannya. Mereka diskusi hingga masalah filosofinya.

Tak lama kemudian, Wales bertemu Larry Sanger yang lebih luas pemikirannya. Karena merasa sejalan, diskusi mereka makin intens. Setahun kemudian proyek ensiklopedia online-nya mulai tampak. Wales kemudian merekrut Sanger yang ketika itu masih mahasiswa program doktoral di Ohio State University. Tahun 2000 berdirilah Nupedia, sebuah website ensiklopedia gratis.

Ensiklopedia ini didukung oleh sejumlah penulis ahli yang membuat artikel dalam beragam topik. Agar memiliki pendapatan, di dalamnya disisipkan sejumlah iklan. “Idenya adalah untuk memiliki ribuan sukarelawan yang menulis artikel dalam semua bahasa. Awalnya kami mengorganisir pekerjaan yang sangat top-down, terstruktur, akademik, dan kuno. Ternyata itu tidak menyenangkan para penulis,” katanya.

Januari 200, Sanger memperkenalkan konsep “Wiki” yang prorgamnya dibuat Ben Kovitz, seorang programer yang sangat antusias. Kata Kovitz, program itu tak mungkin dijalankan pada Nupedia karena terlalu kaku. Idealnya, para penulis dibiarkan menulis di bawah pengawasan para editor dan mereka bisa memberikan kontribusinya secara simultan. Dengan cara ini sangat memungkinkan publik bisa menulis sehingga memenuhi konsep “Wiki” (cepat).

Sanger sangat senang dengan konsep itu. Ia kemudian mengajukan proposal ke Wales. Pada 10 Januari muncullah Nupedia Wiki. Namun pada saat itu para ahli kurang antusias mengisi Nupedia Wiki karena menganggap pencampuran tulisan para ahli, para peneliti profesional dengan karya penulis amatir akan merusak integritas Nupedia. Akhirnya Sanger mengusulkan proyek baru bernama Wikipedia yang diluncurkan pada 15 Januari 2001.

Uniknya yang berkembang kemudian adalah Wikipedia. Nupedia sendiri mati pada tahun 2003. Sekarang sebanyak 365 juta pengguna sudah mengakses Wikipedia untuk menemukan referensi yang dibutuhkannya.

Menurut Wales, sumber pengetahuan bisa didapat dengan gratis di Wikipedia. Mungkin itulah kenapa Wikipedia cepat berkembang, sesuai namanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *