Alasan Kamu Seneng Denger Lagu Yang Sama

Malline

Ada banyak lagu baru yang dirilis setiap hari. Namun, kenapa Anda lebih senang mendengar lagu yang itu-itu saja saat beraktivitas, ya? Ternyata, beberapa ahli menemukan alasan di balik kebiasaan ini.

Dilansir dari Elite Daily, tahun 2010 lalu sebuah survei dilakukan oleh layanan streaming musik Inggris, Deezer. Hasilnya mengungkapkan mengapa begitu banyak orang, termasuk Anda, senang mendengarkan lagu yang sama berulang kali.

Setelah meneliti 1000 orang dari Inggris, ditemukan kalau mereka akan mencari musik paling baru hingga usianya menginjak 24 tahun. Setelah itu minat Anda akan menurun kemudian berhenti total mencari musik favorit untuk didengarkan di usia 30 tahun.


Tapi hal itu banyak disebabkan bukan karena mereka tidak tertarik, tapi tidak punya waktu karena terlalu sibuk sehingga tidak sempat memperbarui playlist lagu di ponsel mereka. Sekitar 19 persen bahkan mengatakan kalau mereka berhenti mencoba menemukan lagu baru, yang sebenarnya mereka sukai, karena merasa kewalahan oleh jumlah pilihan yang tersedia bagi mereka.

Sementara itu, 16 persen mengatakan kalau pikiran mereka terlalu teralihkan oleh pekerjaan yang menyulitkan untuk, dan 11 persen mengatakan mereka terlalu sibuk merawat anak-anak. Intinya, hidup menghalangi banyak hal, seperti rencana happy hour dan kelas yoga, termasuk waktu untuk menemukan musik baru.

Selain itu, kebiasaan mendengarkan musik yang sama berulang-ulang juga disebabkan oleh rasa antisipasi. Elizabeth Margulis, penulis buku On Repeat: How Music Plays the Mind, menjelaskan bahwa orang akan dengan senang hati mendengarkan satu lagu yang diulang terus karena rasa antisipasi yang ditanamkan di otak.

Sebagai pendengar, pengalaman ini membuat Anda merasa menciptakan musik dan lagu dengan pikiran Anda sendiri. Hal ini disebut ‘partisipasi virtual’.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.