Berani Nonton? Ini 16 Film Horor Indonesia Terseram dan Terbaik

Di antara genre film yang paling dominan di Tanah Air, ada genre horor yang memiliki begitu banyak penggemar. Entah karena biaya produksi yang relatif murah atau karena Indonesia lekat dengan mistis, nyatanya film horor Indonesia ini masih jadi unggulan di bioskop lokal.

Tradisi perfilman Indonesia juga mendukung, ini karena sejak dulu genre horor ditujukan untuk menarik permirsa bersanding dengan genre komedi.

Memang, industri film Indonesia tak lepas dari genre komedi dan horor.


Bukan karena apa-apa, kondisi psikologis masyarakat Indonesia memang cenderung menyukai film dengan cerita yang ringan. Tak seperti genre drama yang mengharuskan penonton berpikir agar tahu betul alur ceritanya.

Tak cuma film horor baru, film lama juga masih menyajikan keseraman yang membuat bulu roma berdiri.

Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik
Meski tak bisa datang ke bioskop karena masih suasana pandemi Covid-19, Mallers bisa, lho menonton streaming dari rumah.

Saat ini sudah banyak layanan akses film horor Indonesia yang tak kalah bagusnya dengan film-film di layar lebar.

Mari cari tahu rekomendasi film horor Indonesia untuk ditonton dengan keluarga.

  1. Leak (1981)

Film horor Indonesia pertama adalah Leak yang rilis tahun 1918. Film ini mengambil latar belakang dunia mistis di bali.

Leak merupakan adaptasi dari novel dengan judul Leak Ngakak yang bercerita tentang wanita asal Amerika yang meneliti tentang ilmu hitam.

Saking tertariknya, seorang wanita ingin belajar leak sehingga bisa berubah menjadi berbagai binatang. Entah karena terlalu seram, film horor Indonesia ini sempat dicekal tak boleh tayang selepas produksi, lho.

2. Pocong 2 (2006)

Setelah genre horor sempat vakum untuk beberapa waktu, awal millennium penikmat film horor Indonesia disuguhi dengan Pocong 2. Film ini merupakan recycle dari film Pocong yang tak lulus sensor KPI.

Film Pocong 2 dibintangi Revalina S. Temat dan Risty Tagor. Aura seram dalam film ini dijamin membuat penonton tidak tenang dan berteriak ngeri.

3. Malam Jumat Kliwon (1986)

Satu lagi film horor Indonesia lawas yang begitu fenomenal adalah Malam Jumat Kliwon dengan pemeran utama, aktris legendaris Suzanna.

Bermula dari seorang penulis cerita misteri bernama Ayu (Suzanna) yang tidak dapat berkonsentrasi untuk menyelesaikan novel terbarunya. Ia akhirnya pergi ke luar kota dan menetap di sebuah rumah besar.

Namun, di rumah tersebut, Ayu malah mengalami hal-hal yang tidak wajar dan menakutkan. Ia menyadari ada yang aneh dengan rumah tersebut.

4. Kuntilanak (2006)

Mendengar namanya saja sudah membuat merinding, apalai jika menontonnya. Film Kuntilanak ini cocok bagi yang mencari sensari seram bercampur mistis, apalagi film ini mengambil tempat di Yogyakarta yang begitu kental aroma mistis.

Film ini dibintangi artis papan atas seperti Julie Estelle, Ibnu Jamil, Ratu Felisha, Evan Sanders, dan lainnya.

5. Keramat (2009)

Film horor Indonesia yang satu ini punya sudut pandang berbeda demi menghadirkan situasi mencekam untuk penonton.

Teknik pengambilan gambar handled camera membuat penonton seakan ikut merasakan situasi seram saat peristiwa mistis terjadi. Kejutan-kejutan yang muncul dari teknik ini bisa membuat penonton melompat dari kursi dan tak pernah merasa tenang.

Disadari atau tidak, Indonesia memang kental dengan hal yang berbau mistis. Kondisi sosial yang mendukung membuat genre horor makin meningkat tiap tahun popularitasnya.

6. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam salah satu rekomendasi film horor Indonesia terbaik selanjutnya.

Ini bercerita tentang wanita muda, Maya yang diperankan Tara Basro yang melakukan perjalanan ke desa tempat asalnya dulu bersama sahabat dan adiknya, Dini yang diperankan Marissa Anita.

Kedua saudara ini bertahan hidup dengan berbagai cara, termasuk berjualan di tengah pemukiman dan desa terpencil.

Namun kegagalan selalu mengikuti mereka dan memang ada sesuatu yang ‘janggal’ di desa tersebut.

7. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Tak sampai di situ, rekomendasi film horor Indonesia berikutnya adalah Ratu Ilmu Hitam versi 2019.

Cerita ini menunjukkan sulitnya perjuangan penyintas kekerasan seksual meraih keadilan.

Disutradarai oleh Kimo Stamboel dengan naskah dari Joko Anwar menampilkan bagaimana Murni (Putri Ayudya) akhirnya memakai ilmu santet untuk membalas dendam pada pelaku kekerasan seksual terhadapnya.

Pengalaman tak mengenakkan dan menyeramkan mulai muncul ketika balas dendam ini terjadi.

8. Sunyi (2019)

Ingin menonton film horor Indonesia yang menceritakan masa kelam para remaja? Sunyi bisa jadi pilihan seterusnya, lho.

Dibintangi oleh Alex (Angga Aldi) bersekolah di sekolah SMA unggulan yang sudah mewajarkan tradisi kekerasan fisik dan mental (bullying) atas dasar senioritas.

Anak kelas tiga dianggap dewa, kelas dua dianggap manusia dan status siswa-siswi kelas satu hanya dianggap sebagai budak.

Alex berteman dengan Maggie (Amanda Rawles) yang senasib juga dengannya. Maggie lah yang membuatnya bertahan menghadapi situasi penuh tekanan tersebut.

Karena peristiwa tersebut, sekolah mereka diselimuti berbagai kejadian aneh dan menyeramkan.

9. Surat dari Kematian (2020)

Rekomendasi film horor Indonesia terbaru yakni jatuh pada Surat dari Kematian. Selain unik, cerita film horor Indonesia ini juga cukup relate dengan kehidupan berteknologi saat ini.

Menceritakan tentang sekelompok mahasiwa Yogyakarta yang ingin menelisik berbagai cerita urban legend hantu Mbak Rohanna di Jembatan Perawan, Yogyakarta.

Dibintangi oleh Zein (Endy Arfian) yang harus mengajukan pilihan tempat angker lainnya pada Kinan (Carissa Perusset) untuk mereka jadikan materi di konten Youtube mereka.

10. Pengabdi Setan (2017)

Ini adalah film horor Indonesia terbaik yang memenangkan penghargaan Festival Film Indonesia tahun 2017, lho.

Pengabdi Setan tahun 2017 dalah remake-prekuel lepas dari film 1980 dengan judul yang sama yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra berdasarkan cerita oleh Subagio S.

Alur cerita film horor Indonesia ini mengikuti sebuah keluarga miskin dan malang yang dihantui oleh kematian ibu mereka yang meninggal setelah terbaring di tempat tidur selama 3 tahun dari penyakit aneh dan melemahkan.

Setelah ibu mereka dinyatakan meninggal dunia, keanehan mulai timbul mendatangi keluarga kecil ini.

11. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Rekomendasi film horor Indonesia selanjutnya adalah Sebelum Iblis Menjemput.

Ini menjadi salah satu film yang cukup diminati hingga saat ini, lho.

Menceritakan keluarga kecil yang meminta bantuan dukun misterius (Ruth Marini),

Seorang ayah bernama Lesmana (Ray Sahetapy) membuat perjanjian dengan iblis, bahwa ia akan mendapatkan kesuksesan sebagai seorang pengusaha, dengan menumbalkan istrinya (Kinaryosih).

Namun, nyatanya perjalanan hidup mereka tak semudah itu. Berbagai kejadian aneh di rumah menyergap mereka.

12. The Doll (2016)

The Doll tahun 2016 adalah salah satu rekomendasi film horor Indonesia berikutnya.

Mengisahkan tentang sepasang suami istri bernama Daniel dan Anya yang baru pindah rumah ke Bandung. Ini dibintangi oleh Shandy Aulia, Sarah Wijayanto, dan Denny Sumargo.

Suatu ketika, Daniel tanpa sengaja membawa pulang boneka dari lokasi proyek tempat ia bekerja. Namun, boneka itu tak seperti boneka pada umumnya.

Berbagai kejadian aneh dan menyeramkan mulai berdatangan ketika malam tiba.

13. Danur (2017)

Menceritakan sebuah keluarga manis di Jawa Barat, ini menjadi salah satu film Horor Indonesia terbaik yang perlu ditonton.

Risa (Prilly Latuconsina) adalah seorang gadis indigo, yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk gaib.

Sejak kecil Risa merasa kesepian, ayahnya bekerja di luar negeri dan hanya berkunjung setiap enam bulan sekali, sementara ibunya, Elly, sibuk bekerja sebagai seorang guru.

Demi mengisi kesepiannya, ia bermain dengan makhluk tak kasat mata di rumahnya sendiri. Namun, ketika ia ingin ‘memanggilnya’, energi negatif mulai berdatangan ke rumah Risa.

14. Mata Batin (2017)

Mata Batin merupakan salah satu film Indonesia bergenre horor yang mendulang kesuksesan karena berhasil mencapai 1 juta penonton di bioskop saat perilisannya.

Judul film ini menceritakan tentang kisah Alia yang diperankan oleh Jessica Mila. Dalam film, mata batin Alia dibuka sehingga bisa berjumpa dengan makhluk tak kasat mata yang meminta tolong kepadanya.

Film yang juga dibintangi oleh Denny Sumargo, Citra Orima, dan Bianca Hello itu pun semakin terasa menyeramkan untuk ditonton karena diangkat berdasarkan kisah nyata.

Selain ditayangkan di Tanah Air, Mata Batin yang berhasil menduduki peringkat ke-8 sebagai film Indonesia terlaris tahun 2017 ini turut ditayangkan di luar negeri, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

15. Bangsal 13 (2004)

Moms yang suka film horor juga mungkin akan tertarik untuk menyaksikan film Bangsal 13.

Film yang dirilis pada tahun 2004 ini menceritakan kisah 2 sahabat yang dibintangi oleh Luna Maya dan Endhita Wibisona.

Kisahnya bermula ketika Natasha dan Mina tidak sengaja menabrak seorang gadis bernama Hera. Usai menabrak Hera, kedua wanita yang bersahabat tersebut pun membawa korban ke rumah sakit.

Namun sayang, seluruh rumah sakit yang didatangi penuh sehingga tak bisa menerima pasien baru. Akhirnya, para petugas kesehatan di salah satu rumah sakit memutuskan untuk membuka kembali bangsal nomor 13 setelah 20 tahun lamanya dikunci.

Dari sinilah berbagai kejadian aneh dan menyeramkan dimulai. Ternyata, bangsal tersebut dihuni oleh arwah seorang suster yang ingin melakukan balas dendam.

16. Rumah Dara (2010)

Apabila Moms masih penasaran dengan film horor produksi Indonesia lainnya, mungkin bisa menonton film Rumah Dara.

Film yang disutradai The Mo Brothers (Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel) ini dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama.

Rumah Dara bercerita tentang pasangan muda bernama Adjie dan Astrid bersama ketiga temannya, Eko, Alam, dan Jimmie yang terjebak dalam sebuah rumah seorang pembunuh misterius bernama Dara.

Mereka berkunjung ke rumah tersebut usai menolong seorang wanita bernama Maya yang mengaku sedang dirampok. Namun, kebaikan justru membawanya pada petaka.

Usai mendapatkan jamuan di rumah Dara, yakni ibu kandung Maya, satu persatu dari mereka mendapati hal-hal janggal ketika malam hari tiba.

Saat menyadari adanya sesuatu yang tak beres dan berniat untuk melarikan diri, Dara dan Maya justru mengejarnya. Dari sinilah serentetan peristiwa kejam Dara dan Maya ditunjukkan pada penonton.

Jika Mallers penasaran dengan kelanjutannya, yuk segera tonton filmnya.

Bermula dari tahun 1941 hingga sekarang, film horor Indonesia sudah punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Melimpahnya judul film horor justru memberi banyak pilihan khususnya untuk penikmat genre ini.

Beranikah Mallers menontonnya?

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.