bawang merah

Manfaat Bawang Merah Ini Akhirnya Terungkap Leave a comment

Manfaat bawang merah sangatlah beragam. Bawang merah sendiri menjadi salah satu jenis bumbu dapur yang berguna untuk menambah cita rasa pada masakan. Anda bisa menggunakannya untuk beragam jenis masakan mulai dari masakan berkuah, tumisan dan lain sebagainya.

Bawang merah juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang tidak boleh disepelekan. Dengan ragam nutrisi tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan
Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi bawang merah. Beberapa manfaat bawang merah yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

1. Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat bawang merah yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Pada studi yang dilakukan pada wanita pra maupun yang pascamenopause menunjukkan jika konsumsi jenis bawang ini bisa meningkatkan kepadatan tulang.

Adapun pengonsumsian yang dilakukan sekali dalam sehari atau bahkan lebih mampu meningkatkan kepadatan tulang hingga 5% lebih besar jika dibandingkan dengan yang tidak mengonsmsinya.

Hebatnya lagi, konsumsi bawang merah pada wanita yang lebih tua juga dapat mengurangi resiko terjadinya patah tulang pinggul sebanyak 20%. Jenis bawang yang satu ini juga bagus untuk meningkatkan kesehatan gigi hingga mencegah datangnya osteoporosis.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas

Konsumsi bawang putih juga bagus dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun khasiat yang satu ini dapat diandalkan dalam melawan berbagai jenis penyakit juga infeksi umum mulai dari demam, flu, pilek dan lain sebagainya.

Jikapun Anda tidak suka mengonsumsi bawang merah yang masih mentah, Anda bisa memasukkannya burger, pecel, urap ataupun salad sayur untuk kemudian dikonsumsi.

3. Untuk Mengatasi Sembelit

Konsumsi bawang merah juga bagus untuk menghilangkan racun serta kotoran keras yang melekat di usus. Dengan demikian pencernaan juga akan semakin lancar serta terhindar dari yang namanya sembelit.

4. Untuk Melegakan Tenggorokan

Konsumsi bawang merah juga bagus untuk melegakan tenggorokan yang tengah sakit. Anda bisa membuat jus bawang merah untuk melegakan tenggorokan yang sakit karena pilek hingga terserang batuk. Tambahkan juga perasa manis berupa madu ataupun gula jawa jika kurang suka dengan aroma dan rasa yang ditimbulkan oleh bawang merah.

5. Dapat Mengontrol Diabetes

Diabetes adalah satu satu dari sekian penyakit yang harus diwaspadai. Bawang merah mengandung flavonoid yang dapat diandalkan dalam mengusir banyak jenis penyakit dimana diabetes juga termasuk di dalamnya.

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan jika manfaat bawang merah mampu meningkatkan terjadinya produksi insulin sekaligus membantu dalam merangsang sekresi insulin yang dapat menurunkan inflamasi yang berkaitan dengan diabetes.

6. Bagus untuk Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ penting di dalam tubuh yang harus dirawat dan dijaga selalu kesehatannya. Bawang merah mentah berguna untuk membuka arteri yang tertutup serta mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Dengan demikian, konsumsi bawang yang satu ini dapat mencegah serangan jantung koroner jika dilakukan secara teratur.

7. Untuk Menjaga Tingkat Kolesterol

Bawang merah mengandung asam amino serta methylallyl sulfida yang bagus untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tidak heran jika mereka yang menderita kolesterol disarankan untuk secara rutin mengonsumsi bawang merah yang masih mentah.

8. Mencegah Berkembangnya Sel Kanker

Manfaat bawang merah yang selanjutnya adalah untuk mencegah serta mengobati jenis penyakit yang berbahaya yaitu kanker. Bawang merah mengandung belerang yang berguna untuk mencegah kanker prostat serta kemunculan sel kanker lainnya. Bawang merah yang dikonsumsi dalam keadaan segar juga berguna untuk melindungi perut, paru-paru, dada serta kolon.

9. Berguna untuk Membuang Racun

Bawang merah juga memiliki manfaat positif lainnya dalam meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal ini juga memberi pengaruh yang baik pada proses detoksifikasi atau pembuangan racun pada tubuh manusia.

10. Bagus untuk Kesehatan Otak

Selain manfaat bawang merah di atas, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain berupa peningkatan kesehatan otak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan berupa folat dalam bawang merah.

Folat termasuk ke dalam salah satu vitamin B yang berguna untuk meningkatkan fungsi otak sekaligus memiliki kontribusi pada kesehatan emosional ataupun mental. Kandungan yang satu ini juga bagus untuk melindungi DNA juga RNA dalam tubuh Anda.

Selain folat, terdapat juga kandungan lainnya yang bagus untuk otak yakni zat besi. Hebatnya lagi, bawang merah juga mengandung senyawa berupa pyrithione yang bagus untuk melawan peradangan otak sekaligus untuk meningkatkan terjadinya aktivitas neurologis.

11. Obat Herbal untuk Bayi

Manfaat bawang merah yang selanjutnya adalah sebagai obat herbal bagi bayi. Anda bisa menggunakan jenis bawang yang satu ini untuk mengatasi flu dan juga batuk. Langkah peracikannya adalah dengan menyiapkan 1 sampai dengan 2 siung bawang merah lalu diiris tipis kasar. Selanjutnya tumbuk bawang tersebut lalu balurkan di punggung bayi, kaki dan juga tangan.

Anda juga bisa menambahkan minyak telon untuk menciptakan rasa hangat dan harum agar menjadi satu. Dengan demikian si kecil juga akan lebih rileks.

Ada begitu banyak manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh manusia. Sayangnya banyak orang tidak suka dengan bawang merah lantaran rasanya yang dianggap tidak enak hingga aromanya yang menyengat. Inilah kenapa, ada baiknya jika Anda menyikat gigi setelah mengonsumsi jenis bawang yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *