Kulit 5 Buah Ini Miliki Banyak Manfaat

Sebelum memakan buah, kita kerap mengupas dan membuang kulitnya karena rasanya yang cenderung pahit. Kulit buah pun hanya dianggap sebagai pelindung daging buah dari serangan serangga atau lingkungan.

Padahal, ada buah-buahan tertentu yang kulit buahnya pun mengandung khasiat bagi tubuh manusia.

1. Buah naga


malline

Wajar memang membuang kulit buah naga, karena sebagian besar masyarakat hanya memakan dagingnya saja. Kulitnya yang mengandung anthocyanin kerap dibuang, padahal mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, yang menyebabkan kanker.

2. Kiwi

Kulit kiwi mengandung lebih banyak serat dan vitamin C daripada daging buahnya hingga tiga kali lipat. Namun, sebelum memakan kiwi beserta kulitnya Anda harus mencucinya sampai bersih, sama seperti saat makan apel.

3. Apel

malline

Saat makan apel pun sebaiknya tidak perlu mengupas kulitnya, karena mengandung vitamin A dan K. Selain itu, asam ursoli juga banyak terkandung dalam kulit apel, yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, sebelum makan apel beserta kulitnya, sebaiknya Anda mencuci apel sampai bersih untuk hindari bahan kimia yang menempel pada kulitnya.

4. Delima

malline

Kulit buah delima mengandung antioksidan tinggi, yang mampu cegah penyakit kardiovaskular. Vitamin C yang juga terkandung di dalamnya bisa menjaga kekebalan tubuh, menjadi detoks alami, kulit delima yang dijadikan teh juga bisa menghancurkan sel-sel patogen pada sistem pencernaan.

5. Pisang

malline

Biasanya orang membuang kulit pisang saat memakan dagingnya. Padahal, kulit pisang bisa memutihkan gigi dan menghilangkan jerawat dengan cara menggosokkannya lembut. Bisa juga digunakan sebagai obat penghilang gatal dengan mengoleskannya pada kulit yang terasa gatal.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.