Cuci buah dan Sayuran Agar Terhindar dari Keracunan

Malline

Mencuci buah dan sayuran sebelum dihidangkan atau diolah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan semua orang. Hal ini berfungsi untuk membuang semua bakteri jahat yang ada dalam buah dan sayur sehingga Anda bisa terbebas dari kuman dan penyakit.

Ada kalanya masyarakat sangat meremehkan hal sederhana ini. Banyak orang yang hanya mencuci buah dan sayuran secara asal-asalan, bahkan ada yang sama sekali tidak mencuci bahan makanan mereka sebelum diolah. Hal ini tentunya akan membuat makanan yang Anda konsumsi menjadi tidak higienis atau bisa membuat Anda keracunan.

Sebagaimana diketahui, para petani tak segan menyemprotkan pestisida kepada buah dan sayuran yang mereka tanam di kebun. Hal ini bertujuan untuk menghindari hama yang akan merusak atau memakan hasil panen mereka.


Kandungan zat berbahaya dan beracun yang ada di dalam pestisida tentunya akan tetap tinggal dan menetap di permukaan luar buah dan sayuran. Di sisi lain ada pula petani yang menanam buah dan sayur secara organik, atau tidak menggunakan pestisida. Namun, perlu Anda ingat bahwa buah dan sayur akan terkena debu atau tanah yang membuat makanan menjadi tidak higienis.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mulai menerapkan kebiasaan hidup sehat sejak dini. Mencuci sayur dan buah juga tidak bisa sembarangan. Anda harus terampil dan apik untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada bahan makanan Anda.

Malounge akan memberikan tips yang benar mengenai cara mencuci buah dan sayuran sebelum diolah menjadi makanan.

1. Cuci tangan Anda sebelum melakukan pekerjaan

Sebelum mencuci buah dan sayuran, alangkah lebih bijak jika Anda mencuci tangan terlebih dahulu untuk menghindari penumpukan kuman pada permukaan sayur dan buah. Mencuci tangan menggunakan sabun sangat dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Gunakan air mengalir untuk mencuci buah

Ada baiknya, Anda menggunakan kran atau air yang mengalir untuk membersihkan buah dan sayur yang Anda miliki. Hal ini akan membuat kotoran dan kuman dapat tersapu dan langsung terbuang saat dicuci. Jika Anda menggunakan air tak mengalir, bisa jadi kotoran dan kuman yang terlepas, kembali menempel pada permukaan buah dan sayur.

3. Gosok seluruh permukaan dan buang bagian terluar dari sayur dan buah

Anda wajib teliti untuk menggosok seluruh permukaan buah dan sayur tanpa melewatkan setiap permukaan atau spot tertentu. Ada baiknya, jika anda mengupas bagian kulit atau daun bagian terluar contohnya: kubis dan apel untuk menghindari zat berbahaya maupun ulat yang ada pada makanan.

4. Gunakan sabun yang aman jika diperlukan

Jika Anda kurang yakin dan ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan sabun pencuci khusus untuk merontokan kotoran dan zat berbahaya yang ada pada permukaan terluar buah dan sayur.

5. Rendam dengan air garam

Setelah semua tercuci dan dibilas dengan air mengalir, merendam buah dan sayuran bisa menjadi opsi yang baik. Anda hanya perlu menyiapkan baskom berisi air besrih yang telah dicampurkan dengan sedikit garam. Garam tersebut berfungsi sebagai disinfektan alami untuk mengusir semua kuman dan bakteri jahat.

6. Basuh dengan lap kering

Setelah Anda merendam atau mencuci buah dan sayur, biasakanlah untuk membasuh bahan makanan dengan lap kering. Selain meningkatkan kebersihan, mengelap makanan akan menjadi cara terakhir supaya bahan makanan Anda terlihat lebih segar dan menarik.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.