Pelukan Hangat: Kunci Mengurangi Stres

Pelukan

Stres adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Dengan tuntutan pekerjaan, keluarga, dan kehidupan sosial yang semakin meningkat, kita semua mencari cara untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan kita. Salah satu cara yang paling sederhana, namun sering diabaikan, adalah melalui pelukan atau yang biasa disebut “cuddling”.

Oksitosin: Hormon Cinta

Pelukan atau cuddling melepaskan hormon khusus yang disebut oksitosin. Hormon ini sering disebut sebagai hormon “cinta” karena dapat meningkatkan ikatan antara pasangan. Oksitosin dilepaskan saat Anda mencium atau memeluk orang yang Anda cintai, menciptakan perasaan hangat dan nyaman.

Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesehatan

Menurut Dr. Marisa Cohen, Ph.D., MFT, ilmuwan hubungan, cuddling dapat mengurangi stres dan mendorong pernapasan yang disengaja. Sentuhan itu sendiri sangat kuat. Tidak hanya mengurangi perasaan negatif, tetapi juga mengarah pada pengalaman positif dan penuh cinta.


Selain itu, studi telah menunjukkan bahwa oksitosin memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Misalnya, oksitosin dapat meningkatkan kualitas dan jumlah tidur, serta meningkatkan homeostasis kardiorespirasi. Oksitosin juga dapat mengurangi keinginan untuk makan demi kesenangan, yang pada gilirannya dapat membantu mengendalikan berat badan.

Meningkatkan Kekebalan

Sekitar 75 persen sistem kekebalan tubuh Anda terletak di usus Anda. Usus dan otak Anda terhubung erat melalui sumbu usus-otak. Oksitosin berperan dalam hal ini, memberikan satu contoh lagi tentang bagaimana usus Anda benar-benar adalah “otak kedua” Anda.

Jadi, berpelukan dengan orang yang Anda cintai tidak hanya membuat Anda merasa baik, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Jadi, mari kita peluk lebih banyak dan hidup lebih sehat!