Tips untuk Kurangi Dampaknya Lelah Menatap Smartphone

smartphone

Smartphone saat ini telah menjadi perangkat essensial yang menemani aktivitas seseorang. Dengan smartphone, seseorang bisa melakukan banyak hal, baik untuk berkomunikasi, menonton hiburan, hingga bekerja.

Oleh sebab itu, durasi menatap layar smartphone pun kini semakin panjang. Namun, aktivitas menatap layar smartphone ini tidak jarang membuat lelah penggunanya.

Bahkan, dengan durasi yang cukup panjang saat menatap layar smartphone bisa membuat pusing penggunanya. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi dampak negatif akibat menatap layar smartphone terlalu lama.


  1. Atur Kecerahan Layar

Salah satu hal penting untuk mengurangi efek kelelahan saat menatap layar smartphone adalah mengatur kecerahannya. Jadi, kamu perlu menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi di sekitar.

Sebagai contoh, apabila kamu berada di ruangan yang gelap, sebaiknya kurangi kecerahan layar. Meski sederhana, cara ini bisa cukup membantumu agar tidak kelelahan saat melihat layar smartphone.

  1. Aktifkan Filter Blue Light

Saat ini, hampir seluruh smartphone sudah memiliki fitur filter blue light. Sesuai namanya, fitur ini mampu mengurangi efek blue light yang diterima mata pengguna, sehingga mata tidak cepat lelah.

  1. Batasi Waktu Melihat Layar

Selain secara teknis, kamu juga perlu secara mandiri memantau waktu menatap layar. Terlebih, fitur memantau screen time kini sudah menjadi bawaan di platform iOS dan Android.

Dengan fitur ini, kamu bisa mempelajari waktu yang dihabiskan ketika menggunakan smartphone. Jika dirasa sudah terlalu lama, kamu perlu mengingatkan diri sendiri untuk mulai membatasinya.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.