Stres Bikin Imun Tubuh Menurun

stress

Stres merupakan hal yang menjadi bagian dari kehidupan, bahkan tanpa disadari bisa merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Bagaimana caranya?
Menurut ahli imunologi klinis Dr Leonard Calabrese, DO, saat stres tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon stres kortisol. Hormon ini bisa meningkatkan kekebalan dengan membatasi peradangan.

“Namun, seiring waktu tubuh akan terbiasa memiliki terlalu banyak hormon kortisol di dalam darah. Dan ini akan membuka celah untuk lebih banyak peradangan pada tubuh,” jelas Dr Calabrese yang dikutip dari Cleveland Clinic.

Selain itu, stres juga bisa menurunkan limfosit tubuh (sel darah putih) yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah tingkat limfosit, maka seseorang semakin berisiko terinfeksi virus.


Jika stres terjadi dalam jangka panjang yang berkelanjutan, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan kronis lainnya. Misalnya seperti detak jantung lebih cepat, penyakit jantung, tukak lambung, diabetes tipe 2, berbagai jenis kanker, hingga penurunan mental.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.