Kulit Pisang Kaya Akan Manfaat

malline

Pisang mengandung vitamin A, C, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Bukan hanya banyak kandungan baik di dalamnya, buah ini pun aman dikonsumsi oleh bayi. Namun, sudah tahukah kamu jika kulit pisang juga dapat dikonsumsi? Berikut manfaat yang dapat diambil saat kamu mengonsumsi kulit pisang!

Menghilangkan Jerawat
Kandungan vitamin B, C, B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalium dalam kulit pisang efektif dalam menghilangkan jerawat. Tidak hanya itu, kulit pisang juga mengandung antioksidan dan antijamur yang dapat menghilangkan minyak berlebih, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Dalam hal ini, kamu dapat menggosok-gosokkan kulit pisang pada muka. Kemudian diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Memutihkan Gigi
Kandungan mangan, magnesium, dan potasium dalam kulit pisang efektif dalam membantu memutihkan lapisan email pada gigi. Dalam hal ini, kamu dapat menggosok-gosokkan kulit pisang dengan gerakan melingkar pada gigi, kemudian bersihkan dengan menggosok gigi. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin, ya!


Memutihkan Wajah
Dalam membantu memutihkan wajah secara alami, kamu dapat menggosok-gosokkan kulit pisang pada seluruh permukaan wajah. Gunakan masker semalaman, kemudian bilas hingga bersih pada pagi hari.

Mengobati Luka
Kulit pisang mengandung antioksidan yang baik dalam membantu proses penyembuhan luka. Dalam hal ini, kamu dapat menggosok-gosokkan kulit pisang pada bagian yang mengalami luka, diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Mencegah Memar Kulit
Kandungan mineral dan antioksidan alami pada kulit pisang dapat membantu proses regenerasi kulit dan mengobati memar pada bagian luar kulit. Dalam hal ini, kamu dapat menempelkan kulit pisang pada area yang mengalami memar, diamkan semalaman. Kemudian bilas dengan air bersih pada pagi hari.

Mengobati Psoriasis
Psoriasis merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Pada kasus yang jarang terjadi, psoriasis disertai dengan gatal dan nyeri. Untuk mengobatinya, kamu dapat menggunakan bahan alami dari kulit pisang.

Dalam hal ini, kamu dapat menggosok-gosokkan kulit pisang pada area yang terkena. Saat pertama kali mencoba, akan muncul warna kemerahan pada kulit. Ketika hal ini terjadi, jangan khawatir, ya! Karena warna kemerahan tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Mengatasi Migrain atau Sakit Kepala
Kedua penyakit tersebut kerap datang secara tiba-tiba. Apalagi jika kamu sedang dilanda stres berat. Jika hal ini terjadi, kamu dapat mengatasinya dengan menumbuk kulit pisang lalu tempelkan pada dahi.

Sebagai Antidepresi
Kulit pisang mampu meredakan emosi dengan meminumnya. Dalam hal ini, kamu dapat membuat minuman dari kulit pisang dengan cara di jus. Kulit pisang mengandung triptofan yang mampu memperbaiki suasana hati dengan meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam menyeimbangkan perasaan seseorang.

Kamu disarankan untuk menggunakan pisang organik untuk menghindari insektisida dan pestisida. Kulit pisang juga memiliki rasa yang berbeda dengan daging pisang, untuk mengolahnya, kamu dapat merebusnya atau diolah menjadi jus. Hindari mengolah kulit pisang dengan digoreng, karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh yang menjadi pemicu dari penyakit berbahaya

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.