Merokok Berlebihan Bisa Bikin Keracunan!

merokok

Merokok secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan seseorang menjadi keracunan. Paparan nikotin yang ada di dalam rokok bisa meracuni seseorang yang merokok terlalu banyak.

Nikotin adalah zat yang membuat perokok ketagihan merokok. Tak heran, seseorang sulit berhenti merokok karena sudah merasa ‘nyaman’ dengan nikotin yang terkandung pada rokoknya.

“Yang bikin ‘enak’ seseorang merokok ya ada zat nikotin. Itu sebuah senyawa kimia yang efeknya bikin fresh (segar),” papar ahli toksikologi Sho’im Hidayat MS.


“Sering kan dengar, setelah merokok, orang gampang konsentrasi. Ini namanya nicotine supplementary, ada kebutuhan seseorang terhadap nikotin.”

Raihan, salah satu pekerja media di Jakarta mengaku, dirinya susah berkonsentrasi bila tidak merokok. Sembari menyelesaikan deadline, ia pun mengisap rokok.

Keracunan Akut

Walaupun nikotin membuat perokok merasa ketagihan, keracunan akut bisa terjadi. Kondisi ini ditandai dengan mual dan muntah.

“Perokok yang kebanyakan merokok juga enggak baik. Efek nikotin bisa bikin enggak enak. Akibatnya, mual dan muntah. Ini disebut keracunan akut,” ujar Sho’im dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.