“Sejarah Awal dari Seri Game Grand Theft Auto (GTA)

GTA

Grand Theft Auto (GTA) adalah sebuah seri permainan video yang dikembangkan oleh Rockstar North (sebelumnya dikenal sebagai DMA Design) dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Seri ini pertama kali dirilis pada tahun 1997 untuk sistem operasi MS-DOS dan Windows.

GTA pertama kali diperkenalkan sebagai game top-down yang mengambil latar belakang kota fiktif bernama Liberty City, yang didasarkan pada New York City. Dalam game ini, pemain berperan sebagai karakter bernama Claude yang dikejar oleh polisi setelah dituduh melakukan perampokan. Tujuan utama dari game ini adalah untuk melarikan diri dari polisi dan menyelesaikan misi-misi yang diberikan oleh berbagai karakter non-pemeran utama.

Game ini mendapat sambutan yang baik dari para pemain dan kritikus, dan Rockstar North kemudian mengembangkan seri sekuel yang menambahkan fitur-fitur baru seperti grafis 3D dan perspektif pemain yang berubah. Seri sekuel ini juga menambahkan latar belakang kota-kota lain, seperti Vice City yang didasarkan pada Miami dan San Andreas yang didasarkan pada Los Angeles dan San Francisco.


GTA telah menjadi salah satu seri game terlaris dan paling terkenal di dunia, dengan lebih dari 150 juta unit yang terjual secara global dan menciptakan banyak spin-off dan permainan lainnya yang dikembangkan oleh Rockstar Games.