Sony Akan Boyong Game PlayStation Populer ke Platform Mobile

playstation

Sony diketahui berencana untuk mulai fokus menggarap pasar gim mobile. Informasi ini diketahui dari lowongan pekerjaan yang dibuka oleh Sony.

Sony disebut sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Head of Mobile PlayStation Studio SIE. Dalam keterangannya, posisi ini akan fokus untuk mengadaptasi franchise populer PlayStation ke perangkat mobile.

“Anda akan bertangung jawab untuk membangun dan mengembangkan tim mobile sekaligus berperan sebagai Kepala di unit bisnis baru ini yang ada di dalam PlayStation Studios,” tulis lowongan pekerjaan tersebut.


Dengan diketahuinya lowongan pekerjaan ini, Sony kemungkinan besar memang memiliki rencana serius untuk menghadirkan deretan gim franchise miliknya ke platform mobile.

Namun memang hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Sebab, keterangan dalam lowongan ini menyebut roadmap program pengembangan gim mobile akan dilakukan dalam waktu tiga hingga lima tahun ke depan.

Mengingat belum ada informasi lebih lanjut, deretan judul gim yang mungkin dikembangkan dalam proyek ini juga belum dapat diketahui. Kendati demikian, menarik untuk menunggu langkah atau pengumuman selanjutnya dari Sony mengenai proyek ini.

Sony Berencana Hadirkan Lebih Banyak Gim Ekslusif PlayStation ke PC

Sebelumnya, Sony diketahui bakal membawa lebih banyak gim ekslusif yang hanya ada di PlayStation ke PC. Sebagai langkah awal, gim PlayStation yang dipastikan akan hadir ke PC kali ini adalah Days Gone.

Gim ini rencananya akan hadir di PC pada musim semi 2021 atau menjelang pertengahan tahun ini. Rencana ini diungkap langsung oleh President and CEO Sony, Jim Ryan pada British GQ.

Rencana Sony ini terbilang menarik, sebab perusahaan itu diketahui enggan menghadirkan gim PS ke PC. Namun tampaknya pandangan perusahaan kini berubah dan dibuktikan dengan rilisnya Horizon Zero Dawn ke PC pada Agustus tahun lalu.

Menurut Jim, keputusan perusahaan ini memang dilandasi beberapa faktor. Salah satunya adalah Sony merasa studio dan gim yang mereka kembangkan kini meningkat lebih baik dari sebelumnya.

Untuk itu, Sony tidak menampik ingin menyentuh pasar yang lebih luas. “Ada kesempatan menghadirkan gim-gim hebat tersebut ke audiens yang lebih luas,” tutur Jim.

Faktor Gim

Faktor lain adalah biaya pengembangan gim yang selalu naik di setiap siklus, mengingat kualitas IP juga meningkat. Karenanya, memperluas pasar menjadi salah satu hal yang wajar dilakukan.

Di samping itu, Ryan mengatakan lebih mudah untuk membuat gim PS hadir di perangkat non-konsol, sehingga bagi Sony keputusan ini cukup mudah untuk dibuat.

Sayang, Sony belum mengungkap judul gim PlayStation apa saja yang akan hadir di PC, mengingat saat ini baru satu judul yang dipastikan hadir yaitu, Days Gone.