Perbedaan GTA V Online Dan Offline (Story Mode)

gta 5 online

GTA V Online dan Offline sebenarnya adalah game yang sama yaitu Grand Thef Auto V, dikembangkan dan dipublikasikan oleh Rockstar Games yang juga merupakan Developer GTA Series. GTA Online didapatkan dan dimainkan secara gratis, jika kamu membeli game GTA V Original baik di PC, PS3/4 & XBOX360/1.

Sedangkan GTA Offline biasa disebut juga dengan GTA V Story Mode atau GTA V Single Player. Jika kamu. GTA 5 Offline ini biasanya hanya bisa dimainkan baik di GTA 5 Original atau GTA 5 versi Pak Tani (bajakan / pirated / reloaded). Intinya jika kamu memiliki GTA V Original kamu bisa memainkan GTA 5 Offline & Online, sedangkan jika GTA 5 non Original hanya akan bisa memainkan Storymode / Offline saja.

Walaupun begitu, banyak sekali fitur dan perbedaan dari GTA V Offline dan GTA Online. Di GTA Online kamu akan bisa bermain dengan banyak Player GTA V dari seluruh dunia.


PERBEDAAN GTA V OFFLINE (STORY MODE) & ONLINE

  1. KARAKTER PROTAGONIS

Di GTA 5 Story player akan memainkan 3 tokoh karakter protagonis GTA V, yaitu Franklin, Michael & Trevor, sedangkan di GTA Online kamu akan memainkan karaktermu sendiri (karakter GTA Online) yang bisa kamu buat sesuai keinginan dan memberikan nama bebas (bisa membuat 2 karakter). Di GTA Online, karaktermu akan bisa bertemu / bekerjasama dengan karakter yang dibuat oleh pemain GTA Online lainnya, maupun dari karakter Story Mode spt Lamar, Lester, Trevor, Ron, Madrazo, Simeon, dll. Kamu juga akan meningkatkan level karakter & berusaha mendapatkan uang sebanyak banyaknya, di GTA Online selalu ada “godaan” untuk membeli berbagai item yang sangat menarik, spt kendaraan, pakaian, properti dll.

  1. MODE PERMAINAN, MISI & JOB

Di GTA 5 Story Mode kamu akan diberikan sejumlah misi dan activity yang apabila semua sudah tamat maka game akan berakhir seperti halnya Film, kamu hanya bisa Freeroam dalam game atau melakukan apapun, tapi misi baru tidak akan tersedia lagi. Berbeda dengan GTA Online, ada banyak sekali mode permainan yang bisa kamu ikuti baik sendiri ataupun berkompetisi atau bekerjasama dengan player lain seperti Adversary Mode, Misi, Heist, Kompetisi, Balapan, Merekrut player lain untuk menjalankan bisnismu, dan lain lain. Misi / Heist tsb tidak pernah berakhir dan akan selalu bisa dimainkan untuk meningkatkan RP (Level) dan Uang kamu. Misalnya jika kamu sudah menyelesaikan misi / heist, akan banyak sekali Player yang memintamu untuk membantu mereka menyelesaikan misinya dan kamu bisa membantunya atau melewatkannya.

Selain itu bisnis di GTA Online juga akan bisa dilakukan secara terus menerus untuk mendapatkan uang atau membuka segala sesuatu yang “unlockable”. Seperti halnya didunia nyata, di GTA Online kamu bisa bekerja mengelola berbagai properti dengan misinya, seperti Night Club, Office, Bunker, Hangar, Facility, dll.

  1. UPDATE / DLC

GTA Online selalu update dengan konten konten baru dalam game secara berkala, seperti DLC mode permainan baru, Heist, bisnis baru, kendaraan, dan masih banyak yang lain. Sementara di GTA V Story Mode tidak ada Update, kecuali kendaraan, itupun juga jarang.

  1. PENGGUNAAN MOD

Nah mungkin ini kelebihan di GTA V Offline, kamu bisa memasang Mod apa saja sesuai keinginan. Tapi di GTA Online kamu tidak diperbolehkan memakai Mod, di GTA Online kamu dituntun untuk main secara fair. Rockstar melarang player online menggunakan Mod, jika ketahuan bisa bisa akun GTA Online akan di Ban. Di GTA Online juga tidak bisa menggunakan Cheat

  1. UANG DI GTA ONLINE

Peran uang di GTA V Offline rasanya tidak begitu penting, setelah membeli semua yang ada di game uang tidak berguna lagi. Tapi di GTA Online uang menjadi sangat penting, terutama bagi Player baru yang masih “miskin”. Jika kamu player baru pasti kamu akan melihat player lama (kaya) sudah memiliki apartment, office dan properti yang paling mahal serta memiliki koleksi puluhan mobil super dan bisa beli apa saja ketika ada Update baru. Uang bisa disimpan di internet (rekening Maze Bank) agar uang tidak hilang / berkurang ketika Wasted atau dibunuh Player lain.

  1. KENDARAAN

Kendaraan di GTA Online jauh lebih banyak dari GTA 5 Offline, bahkan banyak kendaraan kendaraan yang tidak ada di Story Mode, seperti supercar mewah, motor motor keren, serta kendaraan futuristik spt Jetpack, mobil terbang, motor terbang, dan kendaraan kendaraan yang dilengkapi dengan senjata mematikan spt minigun, roket, atau bom.

Setiap kendaraan juga akan dilengkapi tracker & asuransi, kamu bisa melihat icon semua kendaraanmu di Map, serta kendaraan yang rusak / hancur bisa didapatkan kembali dg membayar sedikit uang tanpa harus beli lagi. Untuk menyimpan mobil, garasi di apartment mewah bisa menyimpan 10 mobil, di Office bisa puluhan mobil, bahkan juga bisa beli garasi yang terpisah dari Apartment. Jika membutuhkan uang, kamu juga bisa menjual mobilmu, atau menjual mobil pejalan kaki yang kamu curi.

  1. SAFEHOUSE / RUMAH

Di GTA 5 Offline masing masing karakter hanya memiliki 1 rumah / safehouse (Trevor 2). Sedangkan di GTA Online kamu bisa membeli banyak Apartment mulai dari harga yang murah hingga mahal baik di Blaine County atau di Los Santos. Jika membeli apartment mahal kamu bisa mendekorasi Apartment, mendapatkan kapasitas garasi lebar, & bisa digunakan untuk memulai misi Heist. Kamu juga bisa mengundang Player lain ke Apartment.

  1. HAL YANG BISA DILAKUKAN DI GTA V ONLINE

Karena memang GTA Online itu Multiplayer, jadi kamu bisa bermain atau berinteraksi dengan player lain. Ada 3 sesi permainan di GTA Online, Solo : main sendiri, Invite Only : dengan teman atau crew, Public : Umum yaitu campur dengan player lain. Kamu juga bisa ikut sesi teman, atau mengundang teman ke sesi publik yang kamu ikuti. Hanya di sesi publik kamu bisa menjalankan misi / heist / bisnis.

Untuk hal yang bisa dilakukan di GTA Online, itu bebas kamu bisa main misi untuk mendapatkan uang dan meningkatkan level (RP) atau bisa mengikuti Event yang setiap hari ada di session publik dan berkompetisi dengan player lain, menjalankan misi misi Resupply / menjual barang dari bisnis spt MC Club, Bunker, Hangar, Office. Atau bisa main bareng temen dan menjahili player lain, membunuh Player lain / CEO lain bisa mendapatkan RP.

Mungkin itulah sebagian dari perbedaan GTA V Offline dan Online. Perbadaan dan fitur menarik lainnya akan kamu temukan sendiri saat main GTA Online.