Makanan Enak Penambah Energi

makanan

Jika Anda selalu merasa lapar tidak lama setelah makan, mungkin makanan Anda tidak mengandung cukup energi untuk beraktivitas.
Tak jarang, kondisi itu membuat Anda tak bergairah dalam berkegiatan padahal masih ada segudang pekerjaan yang menumpuk. Untuk mencegahnya, coba konsumsi makanan yang mengandung banyak energi, antioksidan, dan nutrisi.

Pasalnya, makanan ini memberi Anda bahan bakar untuk sisa hari dan membuat merasa energik.

Berikut sejumlah makanan penambah energi yang akan meningkatkan produktivitas


Kopi

Yang satu ini mungkin sudah jelas dan menjadi hal pertama yang terpikir saat merasa lesu dan lelah.

Selain menjadi pilihan yang tepat karena kandungan kafeinnya yang tinggi, kopi juga dapat membantu memulai metabolisme, meningkatkan daya tahan, meningkatkan fokus, dan mengurangi rasa sakit.

Oleh karenanya, kopi menjadi minuman yang sempurna sebelum Anda terjerumus pada aktivitas dengan intensitas tinggi.

Seperti dilansir AsiaOne, mulailah hari Anda dengan semangkuk oatmeal untuk sarapan, bukan sereal manis atau sepotong roti.

Coba tambahkan yoghurt atau madu untuk meningkatkan rasanya. Sajian ini – setiap 100 gram gandum gulung mengandung 1.590 kJ (379 kkal) energi, cocok untuk siapa saja dengan jadwal yang padat atau gaya hidup yang sibuk.

Ubi jalar

Ubi jalar menjadi pilihan yang jauh lebih sehat ketimbang kentang karena tinggi vitamin A, C, serat, dan lebih rendah karbohidrat.

Ubi jalar ukuran sedang juga mengandung 115 kkal energi.

Artinya, Anda dapat dengan mudah mengganti kentang biasa dan menikmati hidangan bertepung yang sama yang Anda suka – baik kentang tumbuk, sup kentang, atau kentang panggang – dan mendapatkan lebih banyak bahan bakar untuk sisa hari yang Anda hadapi.

Alpukat

Alpukat mengandung lebih banyak potasium dibanding pisang. Setengah dari buah alpukat berukuran sedang (75g) mengandung 163 kkal energi.

Selain itu, alpukat juga menyumbangkan hampir 20 jenis vitamin dan mineral ke dalam makanan Anda, termasuk serat dan vitamin E dan C.

Bagian terbaiknya adalah lemak tak jenuh tunggal, di mana menjadikan alpukat sebagai satu-satunya buah yang mengandung lemak baik yang baik untuk jantung Anda.

Yoghurt

Penuh dengan kandungan yang baik seperti protein, kalsium, magnesium, dan vitamin B-12, hanya satu porsi yoghurt 100 gram menyediakan 97 kkal energi makanan.

Meskipun sangat terkonsentrasi dalam energi, yoghurt relatif rendah lemak (plain yoghurt dibanding susu murni hanya mengandung 5 persen lemak), yang membuatnya cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Dada ayam

Ada alasan mengapa makanan super ini cocok untuk para pecandu kesehatan dan gym. Pasalnya, dada ayam adalah sumber protein utama, komponen kunci yang mencegah rasa lapar.

Faktanya, para peneliti di University of Illinois telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak protein memiliki tingkat energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lebih banyak karbohidrat.

Telur

Sebagai sumber utama protein berkualitas tinggi, telur sering dikonsumsi oleh para atlet sebelum latihan untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan otot.

Telur juga salah satu makanan yang mengandung vitamin D, yang penting untuk mengembangkan tulang dan otot yang kuat.

Para ahli merekomendasikan untuk membatasi asupan Anda menjadi satu hingga dua telur sehari, karena konsumsi berlebihan akan menyebabkan lonjakan kadar kolesterol tubuh Anda.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.