Harga Kripto Melambung Setelah Tahun Baru Imlek 2022

crypto

Momen Tahun baru imlek yang dirayakan oleh masyarakat tionghoa di seluruh dunia pada tanggal 1 Februari 2022, justru menjadi sentimen negatif market kripto pada hari sebelumnya, 31 Januari 2022.

Hal itu terlihat dari jumlah volume perdagangan yang turun dan harga Bitcoin yang sempat terkoreksi cukup dalam, sebesar 3 persen dalam 24 jam terakhir.

Sempat menyentuh level USD 38.000 atau sekitar Rp 543,7 juta, Bitcoin kembali terkoreksi ke area USD 36.000, jelang perayaan imlek.


“Selain karena sentimen bearish masih membayangi pasar, investor juga lebih memilih menarik aset kripto dari pasar dan mencairkannya untuk kebutuhan libur tahun baru China, karena bagaimanapun juga, saat ini uang fiat masih menjadi raja di saat musim libur tiba. Kondisi ini tentu menambah tekanan bagi pasar kripto,” kata Chief Executive Officer, Litedex Protocol, Andrew Suhalim.

Meski investor ritel di negeri Tirai Bambu tak seramai dulu lagi, karena dampak pelarangan cryptocurrency di sana, namun tradisi imlek masih kuat dijalani oleh masyarakat di seluruh dunia.

Sebagian besar pasar Asia, indeks saham utama di China, Hongkong, Korea Selatan dan Singapura menuju liburan tahun baru imlek selama sepekan, sehingga membuat pasar cenderung melemah, meski tidak terlalu dalam. Hal ini berbeda dengan perayaan natal dan tahun baru 2021-2022 lalu, yang membuat harga kripto makin terjun bebas.

Mengacu data coinmarketcap pada 31 Januari 2022, sepuluh besar aset kripto berdasarkan kapitalisasinya, mayoritas melemah jelang imlek. LUNA alami koreksi terdalam hingga 13 persen lebih.

Di masa pekan liburan ini, investor ritel cenderung wait and see sembari menunggu pergerakan investor ‘whale’ yang punya peran besar dalam pergerakan pasar kripto.

Meskipun begitu, saat perayaan imlek hari ini, beberapa kripto justru menguat terutama untuk jajaran teratas. Bitcoin dan Ethereum misalnya, yang masing-masing menguat 3,07 persen dan 8,14 persen dalam 24 jam terakhir. Keduanya sempat menurun satu hari sebelum perayaan imlek.

Saat ini, BTC berada di harga USD 38.332,51. Sedangkan ETH berada di level USD 2.740,63.

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.