Niat Sebenarnya Elon Musk Mau Beli Twitter

Niat investor untuk mengakuisisi sebuah perusahaan atau startup biasanya adalah untuk mendapat untung semata. Tapi tidak dengan orang terkaya di dunia Elon Musk yang berminat membeli Twitter.

Sebelumnya, bos Tesla dan SpaceX ini sudah menawarkan diri untuk membeli Twitter senilai USD 43 miliar atau setara Rp 588,6 triliun secara tunai.

Total ada lebih dari 763,58 juta saham Twitter yang mau dibeli Elon Musk. Ia mengatakan, kesepakatan tersebut bergantung pada penyelesaian pembiayaan yang diantisipasi.


Meski begitu, Elon Musk belum mengungkap tentang bagaimana dirinya akan mengumpulkan dana untuk membeli 90 persen saham Twitter yang belum dimilikinya.

Sebelumnya, Elon Musk memang sudah membeli 9,2 persen saham Twitter. Pembelian tersebut membuatnya jadi pemilik saham mayoritas di Twitter.

Dalam TED Conference, Elon Musk mengatakan dirinya punya aset yang cukup untuk meng-akuisisi Twitter.

“Perasaan saya yang kuat dan intuitif adalah bahwa memiliki platform publik yang dapat dipercaya maksimal dan inklusif secara luas sangat penting untuk masa depan peradaban,” katanya.

Elon Musk juga mengaku sama sekali tidak peduli dengan ekonomi.

“Tidak peduli sama sekali dengan ekonomi, ingin melindungi kebebasan berbicara (di Twitter) dan membuka algoritma untuk adanya pengawasan dari luar,” kata Elon Musk.

“Saya bisa melakukannya jika (akuisisi) mungkin. Saya punya rencana B jika dewan Twitter menolak tawaran saya (membeli Twitter),” ujar Elon Musk.

Tidak hanya itu, dalam pengajuan akuisisi Elon Musk berkata, “Twitter memiliki potensi yang luar biasa dan saya akan mengungkap potensi itu.”

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required

Your email address will not be published.