Indonesia Mau Selenggarakan Balap Reli Dunia 2018

Ikatan Motor Indonesia (IMI) bukan cuma ditawari menggelar Formula E di Tanah Air, tapi Federation Internationale de l’Automobile (FIA) juga menyodorkan berbagai ajang balap lain, salah satunya World Rally Championship (WRC).

FIA menginginkan WRC digelar di Asia sebab belum ada satupun lokasi di Asia di kalender resmi WRC 2018. Dipandang dari hal itu Indonesia berpeluang besar menjadi tuan rumah balapan reli kelas WRC setelah terakhir kali digelar pada 1996 dan 1997.

“Buat WRC sebenarnya kita lebih baik kembali ke Medan (Sumatera Utara) karena sudah pernah, jadi masyarakatnya sudah terbentuk, mengerti bagaimana WRC,” ucap Jeffrey, Kamis (5/10/2017).


Meski begitu ada rekomendasi lain penyelenggaraan WRC yang disesuaikan dengan objek pariwisata besar yang diusung pemerintah, yaitu Borobudur di Jawa Tengah dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur.

“Waktu saya ketemu dengan promotor WRC, mereka bilang akan menangkap rencana kami lalu mereka akan merealisasikannya ke tim manufaktur. Baru akan maju ke tahap berikutnya. Saya yakin dengan pasar Asia, Indonesia, mereka pasti punya ketertarikan,” kata Jeffrey.

malline.id